Tampilan Desktop


10 Besar Komisioner KPU Koltim Diplenokan, Mantan Caleg Gugur
28 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sepuluh orang calon komisioner KPU Kolaka Timur (Koltim) telah diplenokan oleh tim seleksi (Timsel) pada Jumat (15/8/2015) malam. Sementara sembilan orang dinyatakan gugur, satu diantaranya adalah mantan calon anggota legislatif (caleg) pemilu 2014 lalu.

Ketua Timsel KPU Koltim Najib Husein mengatakan, dari 19 orang yang mengikuti tahapan wawancara dan klarifikasi tanggapan masyarakat, timsel menentukan sepuluh besar. Selanjutnya, KPU Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan menetapkan lima orang calon yang akan dan dilantik pada 27 Agustus 2015 mendatang.

“Jadi dari 19 calon hanya ada satu tanggapan masyarakat yang negatif yakni adanya mantan caleg. Tapi itu sudah teratasi karena mantan caleg itu digugurkan. Untuk nama mantan caleg tersebut tidak bisa saya sebutkan,” kata Najib, Sabtu (15/8/2015).

Ada juga tanggapan masyarakat berkaitan dengan masalah domisili, tapi tidak direspon karena bukan kewenangan timsel tapi catatan sipil. Secara umum, lanjut Najib, proses seleksi berlangsung aman dan tidak ada intervensi dari pihak manapun.

Sepuluh orang yang lolos itu, tambah Najib, telah sesuai dengan nilai yang mereka dapatkan dalam proses wawancara tentang sistem politik, menejeman pemilu, dan peraturan perundang-undangan yang berkaitan dengan pemilu. Kemudian yang paling menentukan juga, kata Najib, soal hasil klarifikasi tanggapan masyarakat.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com