Tampilan Desktop



11.185 Warga Konut Jadi Korban Banjir, 1 Hilang Terseret Arus
150 Dibaca

846 KK Jadi Korban Banjir, Dinsos Konut Tunggu Bantuan Provinsi BANJIR – Terlihat rumah warga yang berada di Kabupaten Konawe Utara terendam air akibat diguyur hujan keras sejak malam kemarin yang membuat ratusan rumah warga banjir dan memberikan kerugian hingga ratusan juta rupiah. (Jefri/ZONASULTRA.COM).

 

ZONASULTRA. COM, WANGGUDU – Korban banjir di Kabupaten Konawe Utara (Konut), Sulawesi Tenggara (Sultra) berdasarkan data dari dinas sosial setempat mencapai 11.185 jiwa dari 1.717 kepala keluarga (KK). Satu diantaranya hilang terseret arus di Sungai Landawe, Kecamatan Oheo dan hingga saat ini belum ditemukan.

Data korban banjir tersebut tersebar di 6 kecamatan, yakni Kecamatan Lembo, Andowia, Lasolo, Sawa, Oheo dan Landawe. Sementara kerugian materil yang dialami, baik dari segi bangunan pemerintah setempat maupun masyarakat ditaksir mencapai miliaran rupiah.

Baca juga : Jembatan Penghubung 3 Desa di Konut Hancur, Akses Jalan Putus Total

Kepala Dinas Sosial Konut Untung mengatakan, data jumlah korban banjir itu sudah mencakup seluruh wilayah dan dipastikan tak ada yang terlewatkan. Saat ini pihaknya masih terus melakukan evakuasi penyelamatan barang-barang milik warga dan menyaluran bantuan terhadap masyarakat yang terkena banjir

“Hari ini juga saya ke Dinas Sosial Provinsi dan Bulog lagi untuk mengambil bantuan bagi masyarakat Konut yang kena musibah banjir,” kata Untung, Senin (15/5/2017).

Baca Juga : Terendam Banjir, Ribuan Jagung dan Cabai di Konut Gagal Panen

Dirinya menambahkan, sesuai data pihaknya akan menyalurkan bantuan beras sebanyak 31 ton. Ditanyai kondisi pasca banjir saat ini, dirinya mengungkapkan bahwa air sudah surut dan tak ada lagi rumah warga yang digenangi air.

“Air sudah surut, sekarang masing-masing warga sementara membersihkan rumah mereka yang masih dipenuhi lumpur akibat banjir. Bantuan sebentar begitu sudah ada kami langsung salurkan. Mudah-mudahan hujan tidak lagi turun,” ujarnya. (B)

 

Reporter: Jefri Ipnu
Editor: Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free