Tampilan Desktop

130 Sekolah di Kolaka Belum Terakreditasi
132 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Sebanyak 130 lebih sekolah dari semua jenjang di Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) belum terkreditasi. Ratusan sekolah itu termasuk sekolah swasta dan negeri.

130 Sekolah di Kolaka Belum Terakreditasi

Sal Amansyah

Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olah Raga (Kadis Dikmudora) Kabupaten Kolaka Sal Amansyah mengatakan, jenjang SD merupakan yang terbanyak belum memiliki akreditasi, disusul jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan sederajat.

“Sudah ada diantaranya yang memiliki akreditasi, namun kebanyakan akreditasinya kedaluarsa,” kata Sal Amansyah di ruang kerjanya, Senin (15/2/2016).

Mantan dosen Universitas Halu Oleo (UHO) ini mencontohkan SMAN Latambaga yang baru mendapatkan akreditasi B pada tahun lalu setelah akreditasinya kedaluarsa sejak 2011 lalu.

Tahun ini, Dinas Dikmudora Kolaka mengusulkan 40 sekolah dari semua jenjang untuk diakreditasi dengan menggunakan APBD Kolaka. Kemudian sebanyak 49 sekolah lagi diusulkan melalui APBN.

“Tahun ini, kita target 90 sekolah dari semua jenjang untuk diakreditasi. Jadi tahun depan, semua sekolah di Kolaka harus sudah terakreditasi,” katanya.

Sal mengaku sangat greget dengan upaya akreditasi sekolah ini. Pasalnya, pada tahun-tahun sebelumnya upaya akreditasi sekolah di Kolaka dirasakan sangat lamban. Padahal, kata dia, indikator pembangunan pendidikan salah satunya dinilai melalui peningkatan mutu yang instrumennya adalah akreditasi sekolah.

“Mestinya, semua lembaga yang mengeluarkan ijazah, sertifikat serta menyelenggarakan proses pendidikan harus terakreditasi. Itu amanat undang-undang,” ujarnya.

 

Penulis: Abdul Saban
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com