Tampilan Desktop


132 Hektar Hutan di Koltim Terbakar Sejak Kemarau 2015
66 Dibaca

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Dinas Kehutanan (Dishut) Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) merilis total jumlah luasan Hutan Lindung (HL) dan Hutan Produksi Terbatas (HPT) yang terbakar sejak musim kemarau melanda Sultra dan sekitarnya beberapa bulan terakhir, mencapai 132 hektar. 

Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Koltim, Mustakim Darwis kepada awak Zonasultra.com merinci jumlah lahan yang terbakar di wilayah beberapa kecamatan se-Koltim.

”Saat ini total luasan hutan yang terbakar adalah 20 hektar di Desa Wesalo, Kecamatan Lalolae, 57 hektar di Kecamatan Tirawuta masing-masing di Desa Simbune 30 hektar dan Desa Lalingato 27 hektar dan di Kecamatan Mowewe sekitar 55 hektar,” kata Mustakim, Selasa (03/11/2015)

Sejauh ini pihak Dishut masih terus melakukan pengawasan atas wilayah yang diidentifikasi masih berpotensi menimbulkan titik api yang baru.

“Kita berharapnya agar musim kemarau ini segerah berakhir, karena pengaruh cuaca juga sangat besar dalam hal kebakaran hutan,” ujarnya

Dalam melakukan penanggulangan terhadap kebakaran hutan kata Mustakim, pihaknya bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Koltim. Ia mengaku selain lokasi kebakaran yang memiliki medan yang cukup ekstrim, keterbatasan peralatan juga menjadi tantangan tersendiri dalam melakukan upaya pemadaman.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com