Tampilan Desktop

140 KK di Konsel Dapat Bantuan Perumahan Senilai Rp 10 Juta
14 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Sebanyak 140 kepala keluarga (KK) di Kecamatan Buke, Kabupaten Konawe Selatan, Sulawesi Tenggara (Sultra) mendapatkan bantuan pembangunan rumah miskin kategori tidak layak huni.

Ilustrasi

Ilustrasi

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Konsel, Saala mengatakan, bantuan pemukiman yang berasal dari program provinsi itu saat ini dalam proses tahap sosialisasi, dengan kategori tidak layak huni yaitu atap rumbia, dinding jelaja dan lantai tanah.

Dalam program itu, tiap unit rumah rencananya akan diberikan bantuan sebesar Rp.10 juta yang bentuknya berupa bahan bangunan seperti semen, seng, kayu dan sebagainya.

“Jumlah dana belum kita lihat, namun direncanakan dalam seunit itu Rp 10 juta,” kata Saala, Selasa (24/5/2016)

Untuk upah kerjanya, lanjut dia, saat ini masih dalam pembicaraan dengan bupati. Apabila tidak direncanakan adanya upah kerja, maka kemungkinan akan ada strategi lain. Sebab pemilik rumah belum tentu bisa mengerjakannya sendiri.

“Kalau hanya mengangkut dan sebagainya itu bisa lewat swadaya masyarakat. Tetapi tukang ini harus diberikan upah sebagai imbalan dari keahliannya,” ujarnya.

Menurut Saala, dari sekitar 30 persen rumah tidak layak huni yang ada di Konsel, diharapkan semuanya dapat dituntaskan hingga akhir periode kepemimpinan bupati Surunuddin dan wakil bupati Arsalim. Sehingga tidak ada lagi rumah tidak layak huni di kabupaten itu.

“Untuk sementara ini baru di Kecamatan Buke saja, ke depan akan ada peningkatan di kecamatan lainnya,” tutup Saala. (B)

 

Penulis : Irfan Mualim
Editor  : Jumriati

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com