Tampilan Desktop

15 Ribu Warga Buteng Belum Miliki KTP Elektronik
41 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LABUNGKARI– Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Buton Tengah (Buteng), Sulawesi Tenggara (Sultra), Syamsuddin, mengatakan sekitar 15 Ribu Warga Buteng belum melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP).

ilustrasi ktp elektronik

Ilustrasi

” Dari jumlah 76.822 penduduk yang berada diatas umur 17 tahun, atau di bawah umur 17 tahun kalau dengan status yang sudah menikah di Buteng, sekitar 15 ribuan yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik” ungkap Syamsuddin, Kamis (17/11/2016).

Dari data tersebut, lanjut Syamsudin, masih cukup tinggi warga di wilayah Buteng yang tidak memiliki identitas kependudukan, padahal pihak Disdukcapil telah melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Bahkan, pihaknya harus berkunjung langsung ke desa-desa untuk melakukan perekaman

“Kami telah berupaya dengan maksimal, baik melalui sosialisasi atau melakukan kunjungan langsung ke desa-desa, tetapi kesadaran masyarakat sangat kurang untuk melakukan perekaman,” jelasnya.

Meski begitu, saat ini pihaknya juga mengakui mendapat kendala dalam pembuatan KTP Elektronik karena kehabisan blanko. Namun, proses perekaman masih tetap dilakukan.

“Saat ini lagi kehabisan blangko KTP, dan berdasarkan surat edaran dari Kementerian Dalam Negeri, blanko KTP akan ada pada januari 2017 mendatang,” ujar Syamsuddin. (B)

 

Reporter : Hasan Barakati
Editor : Kiki

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com