Tampilan Desktop


159 Desa di Konut Bakal Kelola Anggaran Rp 1 Miliar
78 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sebanyak 159 desa di Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) tahun 2017 ini akan menerima anggaran sekitar Rp 1 miliar per desanya. Dana tersebut merupakan jumlah keseluruhan baik dari dana desa APBN maupun alokasi dana desa (ADD) yang bersumber dari APBD setempat.

Laporan Belum Rampung, BPMD Konut Ancam Tidak Dicairkan Dana Desa

Ilustrasi

“Tahun ini anggaran yang dikelola kepala desa dari DD APBN itu sekitar Rp.700 juta, kemudian ditambah ADD APBD sekitar Rp.300 san juta,” kata pelaksana tugas (Plt) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa, Sulkarnain Sinapoy, Selasa (24/1/2017).

Zulkarnain yang juga Kabag Pemerintahan Sekretariat pemda Konut menjelaskan, jumlah dana yang digelontorkan setiap desa diperkirakan tidak akan sama jumlahnya karena harus disesuaikan dengan luas wilayah, jumlah penduduk, kepala keluarga miskin disetiap desa. Termasuk indeks kesulitan geografis (IKG) juga menjadi pertimbangan.

“Tidak semua angkanya sama, paling selisih dua sampai tiga ratus ribu saja. Tapi kalau ditotal anggaran yang dikelola sekitar Rp.1 miliar lebih,” ungkapnya.

Baca Juga : Dana Transfer Daerah dan Dana Desa Sultra Mencapai Rp 15,4 Triliun

Masih kata Zulkarnain, untuk realisasi pelaksanaan anggaran tersebut di tahun ini masih menunggu petunjuk teknis operasional (PTO) dari pemerintah pusat. Namun, kemungkinan yang akan menjadi skala prioritas adalah masih dalam pembenahan sarana dan prasarana.

“Kita akan mengacu pada PTO dari pusar, tapi nanti kita akan evaluasi usulan kepala desa berdasarkan RKP yang diajukan,” ujarnya.

Zulkarnain berharap agar kepala desa di dalam melakukan pengelolaan anggaran benar-benar memprioritaskan anggaran sebaik mungkin, mengingat anggaran yang dikelola terbilang cukup besar. (B)

 

Reporter : Murtaidin
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free