Tampilan Desktop


19 Sektor Usaha Jadi Sasaran Pendataan Sensus Ekonomi 2016
440 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Kegiatan pelaksanaan sensus ekonomi 2016 oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai disosialisasikan.

Dalam sensus ekonomi nanti, BPS akan melakukan pendataan terhadap 19 sektor usaha dengan mencakup seluruh aktivitas ekonomi di bawah kementerian dan lembaga (K/L) di luar sektor pertanian, mulai dari usaha mikro, kecil, menengah hingga usaha dengan skala yang besar.

Sensus ekonomi ini bertujuan untuk mengumpulkan serta menyajikan data dasar dari seluruh aktivitas ekonomi sebagai acuan terhadap penyusunan kebijakan, perencanaan maupun evaluasi pembangunan secara berkala.

Kepala BPS Provinsi Sultra Adi Nugroho, mengatakan bahwa sosialisasi tersebut merupakan langkah awal untuk melaksanakan sensus mendatang, agar tercipta pemahaman yang sama mengenai pentingnya pelaksanaan sensus ekonomi 2016.

“Sasaran dari sensus ekonomi 2016 ini adalah semua pelaku usaha yang ada di Indonesia, baik badan usaha, rumah tangga, institusi pemerintahan maupun lembaga non profit,” kata Adi Nugroho pada saat sosialisasi Sensus Ekonomi metode baru tahun 2016 di Hotel Grand Clarion Kendari, Kamis (8/10/2015).

Dengan adanya sensus ekonomi akan memberikan gambaran yang lebih komplit mengenai tingkatan dan struktur ekonomi, termasuk memperoleh informasi dasar yang mencakup keseluruhan  sektor ekonomi serta memahami karakteristik usaha di Indonesia dalam menghadapi daya saing bisnis baik ditingkat lokal, regional maupun di tingkat global..

Adi Nugroho memaparkan bahwa pelaksanaan sensus ekonomi setiap 10 tahun sekali dan selalu berakhiran dengan angka 6. Tahun 2016 merupakan sensus yang ke–4 serta akan dilaksanakan diseluruh wilayah tanah air dengan mencakup segala kegiatan ekonomi terkecuali sektor pertanian.

“Kita berharap bila nantinya sensus ekonomi ini dapat dimanfaatkan oleh pelaku usaha agar bisa membaca peluang usaha serta mengantisipasi terhadap daya saing,” katanya.

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com