Tampilan Desktop


1.952 Pendaftar Lulus SPAN – PTKIN di IAIN Kendari
286 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Panitia penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Prestasi Akademik Nasional Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (SPAN-PTKIN), menetapkan sebanyak 1.952 orang dari 4.815 pendaftar diterima sebagai mahasiswa baru di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra) yang diumumkan, Selasa (12/05/2015) hari ini. 

Jumlah mahasiswa yang diterima di IAIN Kendari melalui jalur bebas tes tersebut berada pada urutan pertama dari seluruh PTKIN se Indonesia Timur mengungguli UIN Makassar, IAIN Gorontalo, IAIN Manado dan sejumlah PTKIN di KTI. 
Wakil Rektor I IAIN Kendari Husain Insawan mengatakan, seleksi melalui jalur SPAN – PTKIN cukup ketat. Jum pendaftar tahun ini juga naik hingga lebih dari 100 persen dibandingkan tahun lalu. Peningkatan itu tak lepas dari perubahan status kelembagaan dari STAIN ke IAIN dan pembukaan beberapa prodi baru antara lain, Tadris IPA, Tadris Bahasa Inggris, Hukum Tata Negara dan Pengembangan Masyarakat Islam.
“Panitia SPAN PTKIN yang berpusat di Malang telah menetapkan kriteria penilaian antara lain adalah nilai rapor, prestasi, akreditasi sekolah, nilai KKM dan penghasilan orang tua. Seleksi melalui jalur ini mengacu pada variabel tersebut, dan hasilnya adalah yang diumumkan hari ini,” paparnya.
Mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan strata satu (S1) tahun akademik 2015/2016 pada Perguruan Tinggi Islam satu-satunya di Sultra ini bukan saja berasal dari Sultra. Beberapa diantaranya merupakan pendaftar dari berbagai daerah seperti Banten, Jawa Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah dan Maluku. 
“Mereka memilih IAIN Kendari pada pilihan pertama, ini menunjukkan bahwa kaami dapat bersaing dengan perguruan tinggi lainnya termasuk di Pulau Jawa. Prodi yang paling diminati adalah Perbankan Syariah, Hukum Tata Negara, Tadris IPA dan Ekonomi Syariah,” terang Ketua Panitia Lokal SPAN – PTKIN ini. 
Untuk melakukan pendaftaran ulang, mahasiswa baru yang telah lolos dapat mengakses website www.iainkendari.ac.id, media cetak lokal di Sultra atau di bagian akadedimik IAIN Kendari. Sedangkan bagi yang belum lolos pada seleksi kali ini, IAIN Kendari masih memberikan kesempatan dengan membuka jalur ujian masuk dan ujian lokal masing-masing dengan kuota 586 dan 390 mahasiswa baru. 
Pendaftaran untuk jalur ujian masuk akan dibuka mulai hari ini sampai 13 Juni mendatang dengan biaya pendaftaran sebesar Rp.100 ribu yang dapat dibayarkan melalui Mandiri ATM, Mandiri Internet atau melakukan setoran tunai di seluruh kantor cabang Bank Mandiri. Pendaftaran dapat dilakukan secara online pada laman http://um-ptkin.ac.id dengan syarat pendaftar telah dinyatakan lulus ujian akhir sekolah SMA/sederajat. (Humas)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com