Tampilan Desktop


2 Paslon Kada Ini Paling Banyak Lakukan Pelanggaran di Konsel
65 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), mencatat ada dua pasangan calon (Paslon) kepala daerah dan wakil kepala daerah (Kada)  yang paling banyak melakukan pelanggaran.

Kedua paslon tersebut adalah nomor urut 1 (Asnawi Syukur-Rustam Tamburaka) dan paslon nomor urut 2 (Muh. Endang SA-Muh. Nurfa Thalib).

Ketua Panwaslu Konsel Hajaruddin mengatakan, sebenarnya jumlah pelanggaran yang dilakukan semua paslon itu hampir sama. Namun, apabila dilihat dari daftar registrasi pelanggaran yang ada maka nomor urut 1 dan 2 yang terbanyak dalam melakukan poin pelanggaran.

“Keduanya berimbang dan saya belum hitung secara detail,” kata Hajaruddin, Selasa (17/11/2015).

Sesuai mekanisme Panwaslu, lanjut Hajaruddin, hanya melakukan prosesnya saja setelah itu apabila hendak diteruskan ke tingkat yang lebih tinggi maka pihaknya hanya dapat memberikan rekomendasi kepada lembaga-lembaga yang berwenang.

“Itu kita tebuskan melalui Bawaslu provinsi atau bisa juga kita mengirim langsung ke KASN, Menpan dan Mendagri apabila pelanggaran PNS. Ada juga yang kalau administrasi itu kami rekomendasikan kepada KPU setempat saja,” jelasnya.

Sejauh ini, kata Hajaruddin, pelanggaran yang sering dijumpainnya berkaitan dengan netralitas Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang terlibat dalam kampanye dan administrasi beberapa paslon tersebut.

“Kalau pidana itu ada beberapa kasus, namun setelah kami gelar perkara ternyata tidak memenuhi unsur dan alat bukti yang kuat untuk menjurus kepada tindakan pidana,” katanya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com