Tampilan Desktop

2 Tahun Kepemimpinan Jokowi, Menteri Kelautan dan Perikanan Naikan PDB Nasional
871 Dibaca

ZONASULTRA.COM, JAKARTA– Dua tahun Kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi)-Jusuf Kalla (JK), Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang telah dicapai. Salah satunya dua sektor perikanan yang mengalami kemajuan dengan kenaikan Produk Domestik Bruto (PDB) hampir dua kali lipat dari PDB sebelumnya.

Susi Pudjiastuti

Susi Pudjiastuti

“PDB perikanan naik  sangat tinggi, kemudian nilai tukar nelayan juga luar biasa, serta produksi perikanan juga mengalami peningkatan,” ungkap Susi usai acara bincang pagi “Dua tahun Pemerintah Jokowi-JK, Tantangan Reformasi Kelautan” yang diadakan di Por Que No, De Ritz Building Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (20/10/2016).

Meskipun demikian, Susi mengakui  masih banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, seperti penataan, pemerataan, pengolahan, rantai dingin, pemasaran untuk lebih merata.

“Supaya hasil tangkap nelayan di Jawa maupun di timur Indonesia bisa mendapatkan harga yang sama supaya kesejahteraanya juga lebih baik,” tutur Mentri yang bergaya nyentrik ini.

Menurut Susi, pekerjaan-pekerjaan tersebut harus dikerjakan antar departemen untuk mensinkronsasikan langkah-langkah agar tepat sasaran. Termasuk dalam hal transportasi, energi, revitalisasi penangkapan ikan, budidaya dan sebagainya.

Secara umum dalam dua tahun kepemimpinan Jokowi-JK, Susi mengklaim sektor perikanan  memberikan satu remaks yang luar biasa. “PDB nasional untuk sektor perikanan naik dari hanya 6, sekitar menjadi 8,36. Kemudian nilai tukar nelayan dari awal pemerintahan Pak Jokowi hanya 102 sekarang sudah 110, jadi saya pikir ya luar biasa,” pungkasnya. (A)

 

Reporter: Rizki Arifiani
Editor  : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com