Tampilan Desktop


20.458 Anak di Kendari Ditargetkan Bisa Ikut PIN Polio
67 Dibaca

20.458 Anak di Kendari Ditargetkan Bisa Ikut PIN Polio

PENCANANGAN PIN POLIO: Saat Walikota Kendari Asrun mencanangkan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tingkat Kota Kendari di Kantor Camat Puuwatu, Selasa (8/3/2016). Program tersebut merupakan program nasional di seluruh Indonesia yang berlangsung 8-15 Maret 2016.

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio Tingkat Kota Kendari resmi dicanangkan oleh Walikota Kendari Asrun di Kantor Camat Puuwatu, Selasa (8/3/2016). Program tersebut menyasar anak-anak berusia 0 sampai 59 bulan.

Kepala Dinas Kesehatan Kendari dr.Maryam Rufiah mengatakan PIN Polio tersebut mulai dilakukan hari ini 8 sampai 15 Maret 2016. Dengan begitu diharapkan orang tua yang memiliki bayi dan balita dengan usia tersebut untuk segera diikutkan imunisasi tersebut sebelum terlmabat.

Untuk Kota Kendari terdapat 20.458 anak yang disasar untuk mengikuti PIN Polio. Pos pelayanan imunisasi tersebut tersedia di 115 tempat yang terdapat di Posyandu, rumah sakit (RS) pemerintah, RS TNI, RS Polri, dan RS swasta, klinik, dan dokter praktek yang terdapat di 10 Kecamatan se Kota Kendari. Adapun Jumlah petugas sebanyak 311 orang.

“Semuanya secara gratis. Ini pendanaannya dari dana alokasi khusus non fisik, bantuan operasional kesehatan puskesmas dan dari dana APBD (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah) Kota Kendari tahun 2016,” ujar Maryam.

Pemerintah pusat telah mencanangkan Indonesia bebas polio sejak 2014 lalu sehingga 2020 nanti sudah tidak ada lagi pengidap polio di Indonesia. Di Kendari sendiri sebenarnya bebas dari penyakit tersebut tapi untuk mencegahnya maka turut dicanangkan PIN Polio oleh Walikota Asrun.

Asrun mengatakan, PIN polio berhubungan dengan masa depan anak agar tidak terkena penyakit polio. Utamanya anak dan bayi yang berusia dari 0 sampai 59 bulan diharapkan bisa ikut PIN Polio. Namun demikian semua itu dibutuhkan kesadaran dari orang tua untuk membawa anaknya ikut imunisasi.

“Secara nasional kita juga ingin mempertahan Kendari sebagai kota bebas penyakit polio,” kata Asrun usai membuka acara PIN Polio.

 

 Penulis : Muh. Taslim Dalma
Editor  : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com