Tampilan Desktop


20 Orang Tenaga Kerja Asing Bekerja di Baubau
119 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BAUBAU– Sebagai daerah terbuka Kota Baubau dapat menjadi daerah tujuan wisata, bisnis dan juga mencari kerja. Termasuk datangnya Warga Negara Asing (WNA) yang terdaftar untuk mencari kerja. Kantor Keimigrasian kota Baubau mendata ada sekitar 20-an WNÀ yang berada di kota ini.

20 Orang Tenaga Kerja Asing Bekerja di Baubau

Edisong

Kepala Kantor Keimigrasian Kota Baubau, Edisong, yang ditemui di ruang kerjanya Kamis (14/1/2016) mengungkapkan, dalam setahun Kota Baubau kedatangan WNA sekitar tiga 300-an orang, ada yang datang dengan visa sebagai wisatawan, penelitian dan juga ada yang mencari kerja.

“Namun yang mendapatkan visa dan juga ijin tinggal sementara ada sekitar 20-an. Dan yang paling banyak adalah pekerja penyelam dan ada juga yang membuka bimbingan belajar bahasa asing,” ungkap Edi.

Dalam mengantisipasi penyalagunaan visa, pihak keimigrasian melakukan pengecekan di hotel, penginapan dan juga tempat tinggal lainnya.

“Kami memiliki agen dan juga bekerja sama dengan pemilik hotel jika ada WNÀ yang menginap kiranya memberitahukan kepada pihak keimigrasian,” ujarnya.

Diprediksi, kunjungan orang asing di kota Baubau akan semain meningkat seiring diberlakukannya bebas visa terhadap seluruh warga negara ASEAN dan puluhan negara Eropa.

 

Penulis : Mulyadi
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com