Tampilan Desktop


2016, BLH dan Kebersihan Konsel Fokus Tuntaskan Masalah Sampah
180 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Persoalan sampah masih menjadi masalah rumit yang dihadapi Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Kebersihan Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala BLH dan Kebersihan Konsel, Edwind Koodoh (kanan) saat berpose bersama Kadis PU, Saala (kiri) ()Efan/ZONASULTRA.COM

Kepala BLH dan Kebersihan Konsel, Edwind Koodoh (kanan) saat berpose bersama Kadis PU, Saala (kiri) ()Efan/ZONASULTRA.COM

Kepala BLH dan Kebersihan Konsel, Edwind Koodoh mengatakan, saat ini masyarakat Konsel sangat membutuhkan tempat pembuangan sementara (TPS) sampah, seperti di Kecamatan Ranomeeto yang sampahnya berserakan. Oleh karena itu, pihaknya bakal mengalokasikan anggaran pembebasan lahan untuk penempatan TPS sampah pada 2016 mendatang di Desa Ranooha, Kecamatan Ranomeeto.

“Memang sudah ada ancang-ancang seluas 4 hektar itu di tahun lalu. Namun karena daerah mengalami defisit anggaran maka dipindahkan untuk program tahun depan anggarannya sehingga anggaran tersebut digeserkan,” kata Edwind, Sabtu (21/11/2015).

Pihaknya, lanjut dia juga bakal membuat tempat pembuangan akhir (TPA) sampah yang berlokasi di wilayah Kecamatan Palangga Selatan.

“Dalam aturannya satu kabupaten cukup satu TPA, tetapi TPS itu bisa diadakan di beberapa kecamatan. Namun demikian kita juga harus melihat lahan TPS sampah  harus jauh dari pemukiman warga yakni sekitar 7 km dan juga tidak menggangu dareah aliran sunggai sehingga tidak mempengaruhi air bersih kita,” terangnya.

Edwind berharap ke depan beberapa kecamatan di Konsel dapat memiliki TPS sehingga masyarakat tidak terganggu lagi dengan adanya sampah yang berserakan. Untuk wilayah prioritas yakni Ranomeeto, Moramo Utara, Tinanggea dan beberapa kecamatan lainnya.

 

Penulis : Efan

Editor : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com