Tampilan Desktop


2016, Rumah Pemotongan Hewan Bakal Dibangun di Konsel
107 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Tidak adanya rumah pemotongan khusus hewan ternak (RPH) di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara membuat kepala dinas pertanian dan peternakan setempat, Ari Sismanto bertekad akan membangun RPH di Konsel pada 2016 mendatang.

Keoptimisannya itu didasarkan pada data 2014 lalu, di mana sebanyak 4.029 ekor sapi dan 958 ekor kambing dari Konsel di potong di RPH di Kota Kendari.

“Tahun 2016 harus terbangun rumah pemotongan hewan karena data tahun 2014 sapi yang berasal dari Konsel yang dibawa ke Kota Kendari untuk dipotong ada 4.029 ekor. Kalau dari jumlah itu ada pemotongan di Konsel tentu manfaatnya juga banyak,” kata Ari, Senin (21/9/2015).

Menurutnya, hal tersebut akan menjadi salah satu sumber pemasukan bagi Kabupaten Konsel sehingga membawa dampak pembangunan yang baik bagi kesejahteraan masyarakat setempat. Selain itu, kebutuhan masyarakat Konsel akan daging juga dapat terpenuhi karena tempat pemotongan hewan tidak lagi berada di ibukota Sultra, melainkan di wilayah Kabupaten Konsel sendiri.

“Paling tidak orang di kabupaten ini kalau cari daging tidak terlalu jauh dan yang di bawa ke Kendari itu bukan sapi atau kambingnya melainkan hanya dagingnya saja. Kulitnya kan juga bisa dimanfaatkan untuk menjadi salah satu sumber pencaharian masyarakat,” ujarnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com