Tampilan Desktop


2017 Konsel Kembangankan 3 Komoditi Pangan Ini
88 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) akan mengembangkan komoditi ternak sapi, jagung dan tebu. Program tersebut akan dilaksanakan pada 2017 mendatang.

ilustrasi-komoditi-bahan-pangan

Ilustrasi

Wakil Bupati Konsel, Arsalim Arifin mengatakan alasan pemda Konsel memilih mengembangkan komoditi tersebut karena memiliki potensi besar untuk peningkatan perekonomian bagi masyarakat dan daerah. Selain itu komoditi tersebut memiliki keterkaitan dalam pengelolaanya.

Mantan kepala Bappeda Konsel itu, mencontohkan bila mengembangkan ternak sapi maka akan membutuhkan pakan yang dapat diambil dari tebu ataupun jagung.

” Kementerian Pertanian memang memproyeksikan Konsel menjadi menjadi pusat tiga komoditas pangan tersebut.

Terkait lokasi penanaman dan sentra peternakan sapi, seluruhnya sudah dipersiapkan. Wilayah Konsel menurut Arsalim masih sangat luas ditambah lagi adanya lahan pertanian bekas (eks) olahan pemerintah misalkan PT. Perkebunan Nusantara (PTPN).

“Contoh tebu kita ada lahan PT. Kilau Indah cemerlang, PT. Marketindo Selaras. Kemudian lahan yang dikuasai oleh pemerintah saat ini seperti PT. Kapas, bisa dijadikan sebagai lokasi penanaman,” ujarnya. (C)

 

Reporter : Irfan Mualim
Editor     : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com