Tampilan Desktop



2018, Pemda Optimis Polres Butur Terbentuk
120 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Guna mewujudkan Buton Utara (Butur) yang aman, sesuai visi misi pemeritah Daerah (Pemda), Bupati Buton Utara (Butur) Abu Hasan terus melakukan berbagai upaya untuk meghadirkan Markas Polisi Resort (Mapolres) di wilayah yang dipimpinnya.

Bupati Butur Abu Hasan

Abu Hasan

Abu Hasan mengatakan, daerah yang mekar sejak tahun 2007 silam itu sudah selayaknya ada Markas Polres. Pasalnya, jarak tempuh Polres terdekat dengan daerah yang ia nahkodai saat ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Mantan Kepala Biro Humas Sultra itu juga mengisahkan bahwa sebelumnya ia telah berkoordinasi dengan pihak Kepolisian Daerah (Polda) perihal rencana tersebut. Tak berhenti di situ, dia pun kemudian melakukan Koordinasi ke Kementerian Pemberdayaan Aparatur Sipil Negara (Kemenpan) yang berwenang melakukan verifikasi kelengkapan persyaratan berdirinya polres.

“Saya ketemu Menpan, Saya jelaskan bahwa Butur itu butuh Polres, jarak dengan Buton enam jam, jarak dengan Muna lima jam, jarak dengan Kendari juga sekitar lima jam. Kalau terjadi apa-apa, itu sudah habis baru datang bantuan,” ungkapnya.

Meski begitu diakui Abu Hasan, kondisi keuangan negara saat ini sedang mengalami penurunan, sehingga tahun 2017 ini belum bisa terbentuk. Hal serupa juga dialami oleh daerah lain. Namun demikian, ia optimis tahun 2018 permintaan tersebut dapat terealisasi. Sembari menunggu itu, ia pun terus melakukan persiapan-persiapan yang dapat memperkuat lagi persyaratan berdirinya lembaga yang bertugas melayani, melindungi, dan mengayomi masyarakat itu.

“Besar kemungkinan tahun ini polres belum jadi karena masalah itu, 2017 ini kita perkuat persyaratannya, sehingga 2018 mudah-mudahan polres ini sudah bisa hadir di daerah ini,” pungkasnya.

Langkah pemda itu juga mendapat dukungan dari kalangan mahasiswa, seperti yang diungkapkan oleh ketua Ikatan Mahasiswa Butur (IM-Butur) Hasrudin Jaya. Dirinya mendukung penuh upaya bupati.

Menurutnya, keamanan merupakan kebutuhan dasar seorang manusia, dan pemerintah wajib melindungi masyarakatnya dari berbagai ancaman. Hasrudin juga memandang bahwa, hal itu sebagai terjemahan Visi Misi Abu Hasan-Ramadio yang ingin menjadikan Buton Utara sebagai daerah yang Aman.

“Maka sudah semestinya Pemda mengambil langkah yang cepat dan tepat untuk mengdirkan Polres,” ujarnya, Minggu (29/1/2017). (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free