Tampilan Desktop

21 Sekolah Sultra Siap Bersaing di Gebyar Civitas Sains Fisika 2016
102 Dibaca

21 Sekolah Sultra Siap Bersaing di Gebyar Civitas Sains Fisika 2016

SAINS FISIKA – Sebanyak 21 sekolah yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Tengara(Sultra), baik SMP maupun SMA siap mengikuti Gebyar Civitas Sains Fisika (Gravitasi) 2016, Senin (14/11/2016) (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULRA.COM, KENDARI – Sebanyak 21 sekolah yang berasal dari berbagai daerah di Sulawesi Tengara(Sultra), baik SMP maupun SMA siap mengikuti Gebyar Civitas Sains Fisika (Gravitasi) 2016. Kegiatan ini digelar untuk keempat kalinya oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Fisika FMIPA Universitas Halu Oleo(UHO) yang akan berlangsung selama 4 hari mulai 14 hingga 17 November 2016 di Auditorium Mokodompit.

Ketua Panitia Gravitasi 2016, Andrianto mengungkapkan, dari seluruh sekolah yang telah diundang untuk turut menghadiri kegiatan ini, hanya 21 sekolah yang siap dan telah melakukan registrasi, terdiri atas 11 SMA dan 10 SMP, diantaranya SMAN 1 Kendari, SMAN 1 Ladongi, SMAN 1 Baubau, SMPN1 Kendari, SMPN 9 Kendari, SMPN 1 Kontunaga, dan Mts Pesri Kendari.

Dalam kegiatan Gravitasi kali ini, ada empat item kegiatan yang mereka siapkan, yaitu Olimpiade fisika tingkat SMP & SMA, Cerdas Cermat Fisika tingkat SMP dan SMA, Pameran Fisika, di mana para siswa dan siswi yang terlibat dalam kegiatan ini akan di perkenalkan dengan alat-alat laboratorium dari mahasiswa jurusan FISIKA, alat-alat eksperimen yang seringkali digunakan dalam praktikum, dan contoh eksperimen sederhana fisika, serta seminar Fisika.

“Pokoknya ini sangat menariklah untuk diikuti, karena pameran yang kami pertunjukan itu seperi cincin terbang, sinar katoda, sama nanti juga akan ada seminar Fisika dengan mengundang pemateri yang ahli dibidangnya, baik dari ruang lingkup UHO maupun dari luar Kota,” kata Andri ditemui di Auditorium Mokodompit, Senin (14/11/2016).

Dari segi persiapan peserta, salah satu guru pendamping peserta dari SMPN 1 Kendari, Paruddin mengaku telah mempersiapkan tim untuk bertanding pada hari ini sejak saat undangan diantarkan ke sekolah.

“Persiapannya sendiri kalau dari pihak sekolah kami tidak begitu menekankan, memang ada beberap bimbingan yang kami berikan dari sekolah, tapi kami lebih menekankan untuk belajar di rumah, dan lebih bekerjasama dengan orang tua,” kata Paruddin.

Dekan FMIPA, Zamrun mengaku, sangat mengapresiasi kegiatan tahunan ini yang tentunya akan memberikan dampak positif baik unutk mahasiswa maupun siswa SMP dan SMA yang turut terlibat dalam kegiatan ini. Zamrun juga mengungkapkan bahwa untuk siswa dan siswi yang telah mengikuti kegiatan ini, khususnya bagi siswa SMA, utamanya yang berhasil memperoleh gelar juara maupun harapan akan diprioritaskan apabila mendaftar ke UHO dan memilih jurusan di FMIPA.

“Yang pastinya untuk seluruh siswa SMA yang pernah mengikuti kegiatan ini tinggal menunjukan sertifikatnya saja sebagai bukti, insyaallah akan kami prioritaskan, tapi tetap yang diutamakan itu para pemenang,” tukas Zamrun. (B)

 

Reporter : Sri Rahayu
Editor : Kiki

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com