Tampilan Desktop



228 RTS di Kecamatan Ulu Iwoi Sudah Bisa Nikmati Listrik
96 Dibaca

 228 RTS di Kecamatan Ulu Iwoi Sudah Bisa Nikmati Listrik

RUMAH TANGGA SASARAN – Bupati Koltim Tony Herbiansyah meresmikan sekaligus pengoperasian PLTD di Kelurahan sanggona Kecamatan Ulu Iwoi. Nampak Kepala Kejaksaan Negeri Kolaka Jefferdian bersama bupati menggunting pita yang ditandai dengan dibukanya pintu mesin diesel yang siap untuk difungsikan. (Jaspin/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA-Sebanyak 228 rumah tangga sasaran (RTS) di Desa Tondowatu dan Kelurahan Sanggona, Kecamatan Ulu Iwoi, Kabupaten Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) kini sudah bisa menikmati listrik pada malam hari setelah Bupati Koltim Tony Herbiansyah meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) di Kecamatan Ulu Iwoi, Senin (16/1/2017).

 228 RTS di Kecamatan Ulu Iwoi Sudah Bisa Nikmati Listrik

Bupati Koltim Tony Herbiansyah, saat memberikan sambutan dihadapan ribuan masyarakat Desa Tondowatu dan Kelurahan Sanggona.(Jaspin/ZONASULTRA.COM)

Tony mengatakan, pembangunan PLTD di Sanggona murni dari pemerintah daerah yang telah berusaha memperjuangkan melalui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2016.

“Saya  dilantik pada 17 Februari 2016 lalu. Yang pertama kami otak atik adalah APBD. Kenapa saya harus otak atik APBD? Karena saya harus memenuhi janji politik saya kepada masyarakat, dimana janji saya pada waktu itu adalah menjamin ketersediaan listrik warga hingga ke pelosok desa,” ungkap Tony dihadapan ribuan masyarakat.

Oleh karena itu Tony meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama memelihara dan merawat dengan sebaik-baiknya mesin pembangkit berkapasitas 500 kilovolt ampere (KVA) tersebut agar bisa lebih awet.

rts_koltim

Sementara itu Kepala Dinas Pertambangan, Energi dan Sumber Daya Mineral (Distamben) Koltim Eko Susanto menjelaskan bahwa PLTD tersebut akan menggunakan jaringan distribusi saluran udara tegangan rendah sepanjang 9.000 meter persegi yang dapat melayani sebanyak 220 RTS di Kelurahan Sanggona dan Desa Tondowatu.

“Setiap pelanggan akan diberikan daya 450 watt,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan PLTD ini bertujuan untuk memberikan akses pelayanan kelistrikan masyarakat di Kelurahan Sanggona dan Desa Tondowatu yang selama ini belum pernah menikmati penerangan listrik.

rts_koltim1

Ia berharap masyarakat di dua tempat tersebut dapat mengelola pembangkit itu sebaik-baiknya. Dan ke depan ia berjanji bakal mengupayakan pengembangan jaringan listrik di wilayah itu hingga dapat mengaliri 500 rumah tangga sasaran. (B)

 

Reporter : Jaspin
Editor   : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free