Tampilan Desktop


256 Kendaraan Roda Dua Terjaring Operasi Sebra di Konawe
74 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA– Sebanyak 256 pengendara roda dua terjaring dalam operasi Sebra yang dilakukan Satuan Polisi Lalulintas (Polantas) Polres Konawe selama beberapa pekan tarakhir.

Jumlah ini menurun jika dibandingkan dengan pelanggar lalulintas pada tahun sebelumnya dengan total pelanggar sebanyak 300 lebih.

Kepala Satuan (Kasat) Polisi Lalulintas (Lantas) Polres Konawe, Iptu Muhammad Alka menjelaskan, kebanyakan pelanggaran yang ditemukan adalah mereka yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM), STNK serta adanya pengendara yang belum memenuhi syarat umur.

“Dari 256 pelanggar, yang paling dominan itu pelanggaran yang tidak memenuhi kelengkapan kendaraan mereka, tetapi ada juga yang kita temukan surat-suratnya lengkap namun pengendara tersebut tidak menggunakan pelindung kepala,” kata Alka kepada sejumlah awak media, Selasa (03/11/2015).

Kata dia, pada awal operasi yang dilakukan jumlah pelanggar dalam seharinya mencapai 30 pelanggar. Sementara untuk kasus laka lantas selama operasi dilakukan, hanya dua kasus dan untuk pengendaranya hanya mengalami luka ringan saja.

“Ini juga ada penurunan hampir 98 persen, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Kalau kita lihat jumlah pelanggar pada tahun sebelumnya dan tahun ini, menunjukkan adanya peningkatan kesadaran masyarakt Konawe dalam berkendara,” ujarnya.

Menurunnya jumlah pelanggaran dalam berkendara, lanjut Alka, lebih pada efek sosialisasi yang dilakukan Sat Lantas Polres Konawe dibeberapa tempat seperti SMA, instansi dan juga di beberapa tempat umum.

Kasat yang baru beberapa bulan menjabat itu berharap, agar para pengendara khususnya masyarakat Konawe lebih meningkatkan kesadaran tertib berlalulintas. Selain itu senantiasa memperhatikan kelengkapan surat-surat kendaraan seperti SIM dan STNK.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com