Tampilan Desktop


3 Desa di Kolut Terendam Banjir, DPRD Sultra Desak BPBD Turun Tangan
66 Dibaca

3 Desa di Kolut Terendam Banjir, DPRD Sultra Desak BPBD Turun Tangan

Banjir Kolut – Kondisi pemukiman warga di Kecamatan Watunohu, Kabupaten Kolaka Utara yang direndam banjir kaibat meluapnya sungai Watonuhu, Selasa (19/4/2016). Luapan abnjir yang terjadi di subu hari membuat warga tidak siap dan menyebabkan kerugian hingga miliaran rupiah. MUHAMMAD TASLIM/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – 3 desa di Kecamatan Watunohu, Kabupaten Kolaka Utara (Kolut) yakni Desa Watunohu, Lelehao, dan Sapoiha terendam banjir. Hal itu akibat meluapnya sungai Watonuhu.

Wakil Ketua DPRD Sulawesi Tenggara (Sultra) Jumardin mengatakan berdasarkan informasi yang diterimanya, hujan deras yang turun mulai pukul 08.00 Senin malam (18/4/2016) membuat suangai Watonuhu meluap. Kemudian, pemukiman warga mulai terendam banjir pada Selasa (19/4/2016) dini hari.

“Kalau kerugian warga diperkirakan saat ini sudah sampai miliaran rupiah, barang-barang perabot rumah tangga utamanya yang berhubungan dengan elektronik rusak semua karena air datang pada saat subuh,” kata Jumardin di Sekretariat DPRD Sultra, Selasa (19/4/2016).

Hasil perkebunan warga yang baru dipanen yakni nilam, kelapa, coklat dan tanaman lainnya ludes dibawa arus. Tak hanya itu, kata Jumardin, di Desa Sapoiha cukup parah, tambak ikan dan udang milik warga habis meluap.

Sebagai anggota DPRD Sultra Dapil Kolaka/Kolaka Utara, Jumardin mengaku sudah berupaya berkordinasi dengan BPBD Sultra tapi belum direspon. Jika tidak ditangani dengan serius, maka bisa jadi banjir akan kembali melanda pemukiman warga.

“Saya masih terus membangun kordinasi dengan BPBD Sultra, mudah-mudahan besok kita bisa turun sama-sama meninjau lokasi terjadinya bencana,” ujar Jumardin. (B)

 

 

Penulis : Muhammad Taslim
Editor  : Kiki

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com