Tampilan Desktop


3 Puskesmas di Kendari Siap Ikut Akreditasi Nasional
50 Dibaca

3 Puskesmas di Kendari Siap Ikut Akreditasi Nasional

Puskesmas Puuwatu – Gedung baru Puskesmas Puuwatu, Kendari mulai digunakan untuk pelayanan kesehatan. Gedung 2 lantai itu baru saja diresmikan Kamis (14/4/2016) oleh pemerintah kota Kendari. (Muhamad Taslim Dalma/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari menyiapkan 3 Puskesmas untuk diakreditas oleh Tim Akreditasi Nasional. Ketiganya yakni Puskesmas Poasia, Lepo-Lepo dan Puuwatu.

Kepala Dinas Kesehatan Kendari Maryam Rufiah, mengatakan total ada 15 Puskesmas di Kendari namun hanya tiga itu yang dianggap bisa memenuhi syarat akreditas. Ada 3 ratus lebih butir-butir akreditas yang akan menjadi indikator penilaian.

“Poin-poin penilaiannya antara lain masalah ijin operasional, pelayanan pasien, fasilitas, sumber daya manusianya. Saya yakinlah Kota Kendari tahun ini dapat bersaing dengan Puskesma di seluruh Indonesia yang juga diakreditasi,” kata Marya usai peresmian gedung baru Puskesmas Perawatan Puuwatu, Kamis (14/4/2016).

Akreditasi akan dimulai pertengahan tahun 2016 ini di seluruh Puskesmas Indonesia. Kata Maryam, akreditasi itu penting semata-mata untuk meningkatkan akses dan kualitas mutu pelayanan kesehatan.

Agar semua Puskesmas di Kota Kendari dapat diakreditasi maka saat ini pembangunan dan rehabilitasinya mulai disesuaikan dengan Peraturan Menteri Kesehatan (permenkes) no. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas.

Kata Maryam dalam Permenkes tersebut mengatur tentang standar luas puskesmas, tata letak, dan lainnya terkait infastruktur pelayanan medis. (B)

 

Penulis : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com