Tampilan Desktop


3 SMK di Kendari Dicabut Izin Operasionalnya
16 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tiga Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Swasta di Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), dicabut izin operasionalnya oleh dinas pendidikan dan kebudayaan setempat karena sudah tidak memiliki peserta didik. Tiga sekolah tersebut adalah SMK Panca Marga, SMK Budi Mulya dan SMK Bahtera Samudra.

Kepala Seksi SMK Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Kendari Muchdar Alimin mengatakan, pencabutan izin operasional itu bukan karena kesalahan pihak sekolah melainkan karena sekolah tersebut sudah tidak memiliki siswa.

“Bisa dibilang sekolah-sekolah itu kalah bersaing dengan sekolah-sekolah lainnya sehingga mereka tidak memiliki siswa baru dan akhirnya melalui keputusan kepala dinas izin operasionalnya dicabut,” kata Muhdar di ruang kerjanya, Kamis (10/9/2015).

Meski ketiga sekolah tersebut sudah tidak beroperasi, namun bagi alumni yang membutuhkan pengesahan maupun urusan administrasi lainnya, bisa datang ke Dikbud Kota Kendari karena pengesahan alumni ketiga sekolah itu telah diambil oleh dikbud.

Jika sekolah tersebut ingin diaktifkan kembali, lanjut Muchdar, maka akan divisitasi ulang baik sarana dan prasarana, siswa minimal 20 orang, guru dan kurikulum yang akan diajarkan nantinya.

Saat ini ada sekitar 24 SMK di Kendari, baik negeri maupun swasta. Dengan dicabutnya izin operasional tiga sekolah tersebut kini tersisa 21 SMK yang masih aktif.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com