Tampilan Desktop

30 Desa di Konsel Disiapkan Jadi Desa Percontohan
75 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO– Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) saat ini sedang merencanakan sebanyak 30 desa yang ada diwilayah itu akan menjadi desa percontohan sebagai desa maju dan berkembang.

Pemkab Konsel Janji Selesaikan Persoalan Lahan UPT Tolihe

Surunuddin Dangga

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, sejauh ini pihaknya telah melakukan perencanaan dan pengodokan pada beberapa desa berdasarkan potensi yang dimiliki oleh masing-masing desa tersebut sehingga dengan potensi itulah yang akan dikembangkan di desa tersebut. Dengan demikian peningkatan ekonomi masyarakat menjadi lebih baik.

“Kriteria desa percontohan kita sementara mengodok berdasarkan potensi yang ada,” ujarnya, Rabu (8/6/2016).

Tidak hanya itu, pihaknyapun sedang melakukan penghitungan anggaran, sehingga anggaran yang diberikan pada desa percontohan itu sesuai dengan kebutuhan. Namun jika dijumlahkan secara keseluruhan, dana yang dibutuhkan sebanyak Rp.30 miliar.

“Jadi kita lihat dulu kekuatan anggaran kita dalam APBD perubahan pada 30 desa tersebut,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa (BPMD) Konsel Syaifullah mengatakan, perencanaan tersebut saat ini sudah dibahas ditingkat Badan Perencaan Daerah (Bappeda) kabupaten dengan mencari identifikasi apa yang belum dilakukan (kegiatan) oleh desa tersebut.

Selain itu, lanjutnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar menjadi desa pencontohan yakni laporan desa baik itu laporan kegiatan ataupun laporan keuangan serta profil desa. Diharapkan dengan anggaran yang diberikan nantinya dapat memenuhi kriteria tersebut.

“Harus juga dilengkapi kartu keluarga, KTP, mutasi penduduk seluruh warga. Disamping itu juga pembangunan jaringan jalan desa. Nah, ketika dilaunching desa maju maka  betul-betul memenuhi kriteria tersebut,” katanya.

Sejauh ini, pihaknya belum dapat menyebutkan desa-desa mana saja yang bakal masuk dalam desa percontohan itu. Namun, diusahakan dalam setiap kecamatan mendapatkan desa percontohan.

“Kita masih menunggu dari perencanaan Bappeda,” ujarnya. (B)

 

Penulis : Irfan Mualim
Editor : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com