Tampilan Desktop


30 Persen Kursi Mahasiswa Baru UHO dari Jalur SBMPTN
92 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tahun ini Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menerima mahasiswa baru (Maba) sebanyak 8.000 orang lebih yang dibuka melalui tiga jalur resmi. Sebanyak 30 persen kursi maba tersebut disediakan untuk para peserta Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN). 

Saat ini para peserta SBMPTN yang telah mengikuti ujian tertulis pada 9 Juni 2015 lalu hanya tinggal menunggu hasilnya. Pengumuman ujian akan dilaksanakan pada Kamis (9/7/2015) mendatang.

Wakil Rektor I UHO Bidang Akademik La Rianda mengatakan, proses seleksi SBMPTN memiliki perbedaan dengan SNMPTN yang menggunakan tiga kriteria penilaian sebagai tolak ukur diterima atau tidaknya mahasiswa di perguruan tinggi negeri (PTN) favoritnya.

“Kalau SNMPTN kan penilaiannya ada nilai siswa, nilai sekolah dan nilai kewilayahan. Ketiga indikator ini yang menjadi tolak ukur mereka diterima atau tidak. Nah kalau di SBMPTN kita belum tahu seperti apa, nanti tanggal 6-8 Juli nanti semua rektor dan wakil rektor I PTN pelaksanan SBMPTN akan berkumpul di Jakarta untuk membahas finalisasi kuota dan indikator kelulusan mahasiswa,” terang La Rianda di Kendari, Jumat (3/7/2015).

Lanjut La Rianda, sampai saat ini pihaknya sama sekali belum mengetahui hasil dari SBMPTN UHO. Panitian SBMPTN di kampus yang dijuluki kampus hijau ini, hanya mengirim lembar jawaban ujian (LJU) ke salah satu PTN di Jawa Timur untuk diperiksa dan dikelola secara khusus oleh panitia khusus di Surabaya. Hasilnya, kata mantan Direktur Pascasarjana UHO ini baru akan terlihat pada 6 Juli nanti. Termasuk berapa besar daya tampung yang akan dipersiapkan.

Bagi mahasiswa yang tidak lulus SBMPTN nanti, La Rianda mengimbau untuk kembali mengikuti ujian di jalur lokal meskipun tidak semua program studi (Prodi) akan kembali dibuka.

“Prodi yang kuotanya belum terpenuhi kita akan buka kembali, tapi yang kuota atau daya tampungnya sudah terpenuhi kita tidak akan buka lagi,” ujarnya.

Tahapan seleksi lokal atau yang biasa disebut jalur mandiri ini rencanaya akan dimulai pada 11-12 Juli mendatang.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com