Tampilan Desktop


300 Hektar Lahan Persawahan di Konsel Kering
47 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO- Kekeringan lahan persawahan yang terjadi di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini sudah mencapai 300 hektar.

Data dinas pertanian dan peternakan setempat menyebutkan wilayah yang mengalami kekeringan yang cukup parah diantaranya kecamatan Buke, Andoolo, Palangga, Palangga Selatan, Ranomeeto, Ranomeeto Barat dan kecamatan Konda.

Kadis Pertanian dan Peternakan Konsel, Ari Sismanto, mengatakan kekeringan ditahun ini dengan luasan 300 hektar tersebut masih merupakan angka minim sebab ditahun sebelumnya 2014 seluas 1.000 hektar juga mengalami kekeringan.

Untuk kekeringan tahun ini, lanjut Ari Sismanto, masih dalam pembahasan ditingkat pusat. Tidak hanya itu, pihaknya juga saat ini masih gencar melakukan pendataan terkait jumlah lahan persawahan yang mengalami kekeringan tersebut.

“Sampai saat ini kita masih melakukan pendataan karena kita ada potensi kekeringan ringan, sedang dan berat,” kata Ari Sismanto, Sabtu (3/10/2015).

Terkait bantuan dari pemerintah setempat, menurut Ari, bantuan baru bisa diberikan kepada petani 2016 mendatang. Saat ini bantuan yang diberikan masih berdasarkan data 2014 lalu.

Adapun bantuan yang akan diberikan petani yang saat ini masih tahap usulan adalah berupa bibit, pupuk dan bantuan pengolahan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com