Tampilan Desktop


4 Makanan Unik Indonesia Yang Tak Lazim Didengar
314 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Selain kaya akan sumber daya alam, Indonesia juga kaya akan kuliner yang terkenal hingga ke mancanegara. Tapi tahu kah Anda ternyata dari banyaknya kuliner yang ada, terdapat 5 kuliner yang namanya unik dan tak lazim untuk didengar.

Berikut 4 makanan yang namanya unik dan tak lazim di berbagai daerah yang ada di Indonesia:

1. Nasi Kentut

4 Makanan Unik Indonesia Yang Tak Lazim Didengar

Nasi Kentut (sumber:panduanwisata.com)

Mendengar namanya saja pasti kawan-kawan sudah tidak ada selera untuk memakannya. Tapi jangan salah makanan ini merupakan salah satu kuliner yang ada di kota Medan. Sebenarnya Nasi Kentut terbuat dari nasi pada umumnya dengan berbagai lauk dan dibungkus menggunakan sejenis daun yang oleh masyarakat setempat disebut daun kentut.

Nasi yang dibungkus daun kentut ini rasanya justru sangat nikmat. Daun kentut merupakan sejenis tumbuhan liar dan memiliki khasiat. Bahkan daun kentut dapat diolah menjadi masakan yang lezat, daun kentut juga memiliki khasiat dapat melancarkan pencernaan karena mengandung banyak serat yang diperlukan tubuh.

Untuk melengkapi makanan ini, Anda dapat menyantapnya dengan lauk berupa ayam goreng, ikan pepes, tempe dan tahu goreng serta ditambahkan dengan sambal terasi ataupun sambal lain tergantung selera Anda.

2. Sate Lalat

4 Makanan Unik Indonesia Yang Tak Lazim Didengar

Nasi lalat (sumber:resepsatepadang.com)

Sate lalat, atau dalam bahasa Madura biasa disebut sate laler, tidak dibuat dari lalat, melainkan dari daging kambing atau ayam, yang dipotong kecil-kecil sehingga kelihatan seperti lalat. Sate dari Pamekasan, Madura ini dibakar sekadarnya saja, tidak terlalu lama. Namun bumbu kacang dan kecapnya membuat sate ini terasa nikmat. Sate lalat biasanya dijual per ikat dan seikatnya terdiri dari 25 tusuk.

 

 

3. Rawon Setan

4 Makanan Unik Indonesia Yang Tak Lazim Didengar

Rawon Setan (sumber:tokomesin.com)

Kalau nama-nama makan sebelumnya banyak dikaitkan dengan hewan, makanan yang satu ini justru dikaitkan dengan dunia mistis. Tapi sebenarnya makanan khas Surabaya ini tidak ada kaitannya sama sekali dengan dunia mistis loh. Dinamai rawon setan karena konon katanya tempat pertama yang menjual rawon setan tersebut baru buka jam 10 malam ke atas. Tidak hanya bisa ditemui di Surabaya, hidangan sup daging berkuah hitam ini juga sudah banyak dijual di daerah-daerah lain, termasuk juga Jakarta. Jadi kamu nggak perlu jauh-jauh ke Surabaya untuk menikmati semangkuk rawon setan ini.

4. Sate kalong

4 Makanan Unik Indonesia Yang Tak Lazim Didengar

Sate Kalong (sumber:2.bp.blogspot.com)

Sate kalong, kalau tidak salah kalong itu sebutan lain dari kelelawar tapi itu cuma namanya kok. Sate yang berasal dari Cirebon ini sebenarnya terbuat dari daging kerbau yang dihaluskan dengan cara ditumbuk dan pastinya aman untuk kamu konsumsi. Dinamai sate kalong karena dijual hanya pada malam hari, sama halnya dengan kelalawar yang hanya keluar saat malam hari. Paduan antara daging kerbau yang empuk dengan rasa manis yang menyerupai rasa dendeng.

Namu, ini hanya beberapa dari sekian jumlah kuliner yang ada di Indonesia, mungkin teman-teman punya referensi lain silahkan Anda share untuk menambah pengetahuan kita bersama dan pastinya hal ini bisa menjadi keunikan dan kebanggan kita sebagi warga Indonesia.

 

Penulis : Ilham Surahmin

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com