Tampilan Desktop

4 Pasangan Calon Independen Resmi Daftar di Pilkada
94 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Empat pasangan bakal calon (balon) bupati dan wakil bupati dari jalur perseorangan atau independen resmi melakukan pendaftaran di KPUD untuk tampil dalam pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak yang akan digelar Desember mendatang.

Dari 7 daerah yang akan menggelar pilkada di Sulawesi Tenggara, 4 diantaranya diketahui memiliki calon independen yakni Muna, Konawe Selatan, Buton Utara, dan Konawe Kepulauan.

Ketua KPU Sultra Hidayatullah mengatakan, sebelum pendaftaran ditutup pada Selasa (28/7/2015) sore pukul 16.00 Wita, 4 pasangan calon perseorangan itu sudah melakukan pendaftaran dengan membawa kekurangan dukungan hasil verifikasi sebelumnya yang dikali dua. Kekurangan dukungan itu nanti akan dilakukan verifikasi faktual lagi antara 4 sampai 7 Agustus 2015.

Jika kekurangan dukungan itu, lanjut dia, setelah dilakukan verifikasi ternyata tidak mencukupi dukungan minimal pasangan perseorangannya, maka pencalonanannya dianggap tidak memenuhi syarat dan akhirnya tidak akan ditetapkan sebagai pasangan calon bupati.

“Pasangan balon perseorangan di 4 daerah itu yakni di Muna itu Prof La Iru-La Ode Sahirudin Kaeba, di Konsel ada Rusmin Abdul Gani-Muhlis, dua daerah lainnya Butur dan Konkep nanti saya beritahukan jangan sampai salah sebut,” kata Hidayatullah di Kendari, Selasa (28/7/2015) malam.

Diterimanya pendaftaran para calon independen ini, menurut Dayat karena masing-masing mendaftar sekaligus membawa kekurangan dukungan syarat minimal sebelumnya yang sudah dikali 2. Jadi, kata Dayat calon perseorangan 4 daerah itu belum tentu aman karena dukungan minimal yang baru saja dipenuhi akan diverifikasi lagi secara faktual dan administrasi mulai dari tingkat PPS sampai KPU kabupaten.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com