Tampilan Desktop



40 Desa di Konut Akan Menggelar Pilkades Serentak
103 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Sebanyak 200 calon Kepala Desa (Kades) wilayah Kabupaten Konawe Utara (Konut) Sulawesi Tenggara (Sultra) yang tersebar di 40 desa dan 13 Kecamatan akan mengikuti pemilihan kepala desa (Plikades) serentak yang akan dihelat pada 28 februari 2017.

Zulkarnain Sinapoy

Zulkarnain Sinapoy

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Konut, Zulkarnain Sinapoi mengatakan, daftar nama calon kades dipastikan siap mengikuti pilakdes serentak untuk memperebutkan kursi pemimpin desa.

“Sekitar 200 lebih orang yang ikut mencalonkan, dalam satu desa jumlahnya berfariasi ada yang 3 sampai 4 orang calonnya. Tapi itu masih kita lihat dulu karena berkas yang masuk dari 40 desa ini belum rampung semua,”Kata Zulkarnain Sinapoi diruang kerjanya, Senin (20/2/2017).

Dirinya menambahkan, hingga saat ini tercatat masih ada 4 desa yang menuai polemik dalam tahapan pilkades, diantaranya Desa Amolame dan Punggulawu. Namun, selaku pembina pemerintahan di desa pihaknya terus berupaya untuk mengatasi dan memediasi agar pelaksanaanya berjalan baik dan aman.

“Berbagai macam masalah, mulai dari money politik, berkas pencalonan, sampai masalah panita penyelenggara yang diduga ada keberpihakan dengan calon kades. Seperti di Desa Amolame ini kami bubarkan panitianya dan membentuk panitia baru. Juga di Desa Punggulawu terjadi masalah ijazah dari salah satu calon,”terangnya.

Baca Juga : Pilkades Serentak di Konut Masuk Tahap Visi-Misi

Dalam proses pilkades Bupati Konut, Ruksamin menghimbau agar dalam pelakasanaan pilkades serentak pihak keamanan melakukan pengamanan

“Saya minta pihak keamanan selalu siap mengamankan pilkades serentak ini, agar berjalan baik, aman, nyaman dan sukses,”ujar Ruksamin saat menghadiri acara peresmian kenaikan pangkat 14 anggota Polsek Asera. (C)

 

Reporter : Jefri Ibnu
Editor : Tahir Ose

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free