Tampilan Desktop



44 Komunitas Gelar Aksi Demi Memenangkan Pulau Kakaban di API 2017
25 Dibaca

44 Komunitas Gelar Aksi Demi Memenangkan Pulau Kakaban di API 2017

 

ZONASULTRA.COM, BERAU – Segenap elemen di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur (Kaltim) bahu-membahu memperjuangkan Pulau Kakaban memenangi Anugerah Pesona Indonesia (API) 2017. Bukan hanya pemerintah kabupaten (pemkab), perjuangan juga ditunjukkan berbagai komunitas di Berau.

“Bagus! Pariwisata memang harus kompak, menggabungkan lima unsur Pentahelix, ABCGM, academician, business, community, government, media! Antar community pun penting untuk bersatu, membangun kebersamaan untuk memperkuat destinasinya,” kata Menpar Arief Yahya.

Pentahelix ini, terus bergulir di hampir semua daerah di tanah air. Salah satunya di Berau, Kaltim. Ada 44 komunitas bergabung untuk menggalang dukungan di Tepian Teratai, Jalan Pulau Derawan, Sabtu (29/7).

Dalam aksi itu, mereka membentangkan spanduk bertuliskan Ayo Dukung Kakaban. “Pulau Kakaban satu dari sepuluh destinasi wisata yang masuk nominasi API dengan kategori Objek Wisata Unik Terpopuler di Indonesia. Nah, kami di sini mau mendukung,” ujar Yudi selaku koordinator aksi.

Dia menambahkan, dukungan dari masyarakat sangat dibutuhkan agar peluang Pulau Kakaban memenangi API 2017 makin besar. Pasalnya, persaingan di event yang disuport oleh Kementerian Pariwisata (Kemenpar) itu memang sangat ketat.

Pulau Kakaban harus bersaing dengan beberapa destinasi wisata yang tak kalah ciamik di seluruh Indonesia. Di antaranya, Air Jin di Kabupaten Buru Selatan, Air Panas Semolon (Kabupaten Malinau), Gua Jomblang (Kabupaten Gunung Kidul), Lusi alias Lumpur Sidoarjo (Kabupaten Sidoarjo), dan Pasar Terapung Lok Baintan (Kabupaten Banjar).

Selain itu, Pulau Kakaban juga mesti melawan Patung Seribu Budha di Kabupaten Tanjung Pinang, Pulau Gunung Api Batu Tara (Kabupaten Lembata), Taman Batu Putih Tangkoko (Kota Bitung), dan Telaga Biru (Kabupaten Merangin).

Persaingan yang sangat ketat itu menuntut semua elemen di Kabupaten Berau berjuang all out demi memenangkan Pulau Kakaban.
Menurut Yudi, dukungan masyarakat sangat penting untuk meningkatkan perolehan suara bagi Pulau Kakaban.

Jika perolehan suara meningkat, sambung Yudi, promosi objek wisata di Berau juga semakin baik. Hal itu akan berimbas pada kunjungan wisatawan ke Berau. Nah, jika kunjungan wisatawan meningkat, perekonomian Berau juga akan terdongkrak.

(Baca Juga : Anambas Kampanyekan Pulau Bawah Menangi API 2017)

“Jadi, kami dari komunitas mendukung sekaligus mengimbau masyarakat, khususnya Berau agar ikut mendukung. Kirimlah SMS ke 99386 yang isinya: API (spasi) 14H,” ujar Yudi.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Berau Mappasikra Mappaseleng mengatakan, gerakan yang ditunjukkan 44 komunitas itu sangat berguna untuk meningkatkan kesadaran masyarakat. Dia juga berharap masyarakat memberikan dukungan dengan cara mengirim pesan singkat.

”Semakin banyak SMS yang dikirim, semakin besar peluang terpilihnya Kakaban untuk mendapatkan API 2017,” kata Mappasikra.

Di sisi lain, Wakil Bupati Berau Agus Tantomo juga mengajak seluruh masyarakat “senam jari” untuk mengirim dukungan melalui pesan singkat.

Menurut Agus, jika Pulau Kakaban memenangi API 2017, pamor pariwisata di Berau akan makin moncer. Hal itu akan berdampak positif terhadap berbagai sektor. Salah satunya iklim usaha yang meningkat dan pendapatan asli daerah (PAD) yang bakal melesat.

“Ayo dukung terus pariwisata Berau dengan mendukung Pulau Kakaban menjadi objek wisata unik terpopuler dan bisa meraih API 2017,” kata Agus. (*)

 

 

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free