Tampilan Desktop


74 Bangunan Yang Tersisa di Kota Lama Segera Diratakan Dengan Tanah
20 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Sekitar 74 bangunan yang berada di kawasan pembangunan jembatan Bahteramas di kota lama, Kendari, belum diruntuhkan oleh pemerintah provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sultra Laode Ali Akbar

Laode Ali Akbar

Kepala Biro Pemerintahan Setda Provinsi Sultra Laode Ali Akbar mengungkapkan jika 74 bangunan tersebut merupakan sisa bangunan yang akan diselesaikan dalam tahap kedua ini, dimana sebelumnya sejumlah ruko telah diganti rugi serta diruntuhkan.

“Salah satu penyebabnya karena kondisi keuangan daerah sudah tidak cukup untuk biaya ganti rugi,” ungkap Ali Akbar saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (27/6/2016).

Lanjut Ali Akbar, dari 74 bangunan, 4 ruko diantaranya biaya ganti ruginya akan ditalangi oleh pemerintah pusat yakni toko Seni, toko Nestro, toko Sinar dan toko Samsuriah. Sedangkan 70 bangunan lainnya dibiayai oleh APBD yang dianggarkan dalam anggaran perubahan tahun ini dan sementara dalam proses pencairan.

Kemudian, untuk pelaksanaan penataan kawasan jembatan bahteramas pihaknya akan melakukan pembongkaran seluruh bangunan seusai lebaran tahun ini. Hal ini dikarenakan pembangunan tiang pancang akan segera dilakukan setelah beberapa minggu yang lalu pembersihan ranjau telah berhasil dilakukan tim Satgas TNI AL Kendari.

“Intinya seluruh bangunan yang terkena dengan badan jalan jembatan akan segera dirobohkan, sedangkan untuk yang tidak kena hanya akan dilkukan penataan ulang untuk menjaga keindahan lingkungan sekitar jembatan,” ungkapnya.

Hingga saat ini pemerintah provinsi Sultra telah menghabiskan anggaran Rp.10 milliar untuk biaya ganti rugi bangunan dan kembali dianggarkan pada perubahan anggaran tahun 2016 sebesar Rp.19 milliar untuk biaya ganti rugi 74 ruko tersebut. (B)

 

Repoter : Ilham Surahmin
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com