8.247 Mahasiswa Baru UHO Ikuti Pendidikan Bela Negara

2
8.247 Mahasiswa Baru UHO Ikuti Pendidikan Bela Negara
PENDIDIKAN BELA NEGARA - Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pendidikan karakter bela negara yang diikuti 8.247 mahasiswa baru angkatan 2017, Jumat (8/12/2017). (Foto : Istimewa)

8.247 Mahasiswa Baru UHO Ikuti Pendidikan Bela Negara PENDIDIKAN BELA NEGARA – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pendidikan karakter bela negara yang diikuti 8.247 mahasiswa baru angkatan 2017, Jumat (8/12/2017). (Foto : Istimewa)

 

ZONASULTRQ.COM, KENDARI – Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pendidikan karakter bela negara yang diikuti 8.247 mahasiswa baru angkatan 2017, Jumat (8/12/2017).

Ketua Panitia Pelaksanaan Pendidikan Karakter UHO 2017, Laode Santiaji Bende mengungkapkan, pendidikan karakter yang akan berlangsung selama 3 hari ini merupakan wujud kerjasama Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) dengan Kementerian Pertahanan RI melalui surat edaran Direktur Jenderal Pembelajaran Kemahasiswaan (Belmawa).

Perwakilan dari TNI AD, TNI AL, dan TNI AU, serta dari kepolisian didaulat sebagai pemateri dalam kegiatan pendidikan karakter bela negara tersebut.

“Kegiatan ini bertujuan mengenalkan kepada mahasiswa pentingnya berbangsa dan bernegara. Selain itu mahasiswa juga akan diberikan pemahaman tentang peraturan akademik di UHO, sehingga mereka memahami apa yang menjadi tugas dan tanggung jawabnya sebagai mahasiswa,” kata Santiaji saat ditemui usai upacara pembukaan di stadion mini UHO, Jumat (8/12/2017).

Ia menuturkan, TNI AD nantinya akan membawakan materi tentang tataran dasar bela negara dan sistem pertahanan semesta, kemudian TNI AL dan AU membawakan materi terkait wawasan kebangsaan. Sementar Polri, nantinya akan membawakan materi tentang nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar kebangsaan.

Mahasiswa yang akan mengikuti pendidikan karakter itu terbagi atas 19 gugus dari 18 fakultas yang ada di UHO, dan diwajibkan kepada seluruh mahasiswa angkatan 2017. Jumlah mahasiswa tiap gugusnya berbeda-beda dengan jumlah peserta disesuaikan dengan kapasitas ruangan. (B)

 

Reporter: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here