Tampilan Desktop


8 Maret, Jangan Lupa Bawa Anak Balita Anda Imunisasi Polio
138 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tenggara mengimbau para orang tua yang memiliki anak usia nol sampai 59 bulan, atau satu hari sebelum anak berusia lima tahun wajib membawa anaknya untuk mendapatkan imunisasi polio pada pekan imunisasi nasional (PIN) yang akan digelar serentak di seluruh Indonesia pada 8-15 Maret mendatang.

8 Maret, Jangan Lupa Bawa Anak Balita Anda Imunisasi Polio

Ilustrasi

Kepala Bidang (Kabid) Bina Sumber Daya Kesehatan (SDK) dan Promosi Kesehatan (Promkes) Dinkes Sultra, Barwik Sirait mengatakan, PIN polio 2016 merupakan imunisasi bonus yang akan menguatkan imunisasi polio rutin.

“PIN polio ini diluar imunisasi rutin yang biasa diberikan di Posyandu. Ini untuk menguatkan saja,” kata Barwik ditemui di ruang kerjanya, Kamis (3/3/2016).

Barwik menjelaskan, tidak ada pungutan biaya sama sekali dalam imunisasi polio ini. Semua biaya sudah ditanggung pemerintah. “Jadi, jangan sampai tidak hadir di posko-posko imunisasi yang telah disiapkan,” katanya.

Polio atau poliomyelitis merupakan penyakit yang disebabkan virus. Ia dapat menyerang seluruh tubuh, termasuk otot dan saraf. Komplikasi paling berat adalah kelumpuhan, bahkan mengakibatkan kematian.

Penyakit ini umumnya memang menyerang anak-anak. Namun, orang dewasa juga berpotensi tertular. Jika sudah terkena polio, orang dewasa lebih mungkin berperan sebagai pembawa penyakit.

Oleh karena itu, pencegahan polio sejak lahir sangat penting. Bayi yang telah divaksin, kemungkinan bebas polio mencapai 98 persen. Karena itulah, ditekankan pentingnya vaksinasi sejak dini.

 

Penulis: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com