Tampilan Desktop


8 Tahun Pimpin Sultra, Nusa Berhasil Genjot APBD Sultra Hingga Rp. 2,6 Triliun
440 Dibaca

8 Tahun Pimpin Sultra, Nusa Berhasil Genjot APBD Sultra Hingga Rp. 2,6 Triliun

Ekspose Pembangunan – Nur Alam dipandu oleh presenter Tina Talisa memaparkan berbagai kemajuan pembangunan yang telah berhasil ia kerjakan selama 8 tahun memimpin Sultra. (Jumriati/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Melanjutkan tongkat kepemimpinan Ali Mazi sebagai Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 2008 lalu, Nur Alam dan Wakil Gubernur Saleh Lasata (Nusa) hanya bermodalkan APBD sebesar Rp.759 miliar.

Namun setelah 8 tahun memimpin Sultra, kini Nusa telah berhasil menggenjot APBD Sultra hingga mencapai Rp 2,6 triliun.

“Itupun sudah termasuk gaji pegawai,” kata Nur Alam saat menggelar ekspose 8 tahun pembangunan Nusa di Hotel Grand Clarion Kendari,” Kamis (17/2/2016).

Meski APBD Sultra masih kalah jauh dibanding dengan DKI Jakarta dan beberapa provinsi lainnya di Indonesia, namun menurut Nur Alam, postur APBD Sultra sudah sangat ideal antara belanja pemerintah dan belanja publik.

Hal tersebut, lanjutnya, tidak lepas dari terciptanya stabilitas di Sultra, baik stabilitas ekonomi, keamanan hingga stabilitas politik.

“Kalau tidak ada stabilitas yang terjaga dengan baik, maka prestasi ini tidak bisa kita wujudkan,” ujarnya.

Selain itu, Nur Alam juga mengaku bahwa pertumbuhan ekonomi Sultra selama kepemimpinannya terus tumbuh dengan positif. Bahkan pada tahun 2015 lalu, ketika pertumbuhan ekomoni global tidak begitu baik, Sultra justru mampu mencatatkan pertumbuhan sebesar 7 persen dan tumbuh di atas rata-rata nasional.

“Pengangguran juga perlahan kita bisa tekan hingga 8 digit, dari 21,7 persen menjadi 13,7 persen,” kata Nur Alam.

Sementara itu, Ketua MPR RI Zulkifli Hasan yang membuka secara langsung ekspose 8 tahun pembangunan Nusa tersebut mengakui bahwa Sultra sering menjadi perbincangan di tingkat nasional karena memiliki catatan prestasi yang luar biasa, mulai dari kemajuan pembangunan infrastruktur hingga pertumbuhan ekonomi.

“Terakhir informasi yang saya dapatkan pertumbuhan ekonomi Sultra sangat luar biasa, di atas rata-rata nasional,” kata Zulkifli.

Meski memiliki banyak prestasi, namun Zulkifli mengingatkan Nur Alam untuk memberikan perhatian lebih kepada pemerataan ekonomi di Sultra. Jangan sampai kata dia, kesenjangan antara penduduk yang miskin dan kaya semakin terbuka lebar.

Sisa masa jabatan Nusa yang dua tahun lagi, kata Zulkifli, harus dimanfaatkan dengan maksimal untuk mencerdaskan generasi penerus di Sultra sekaligus mensejahterakan rakyat.

Ekspose 8 tahun pembangunan Nusa dihadiri oleh para bupati dan walikota se-Sultra, pimpinan SKPD, Danrem, Wakapolda, pimpinan bank, Anggota DPR RI asal PAN Tina Nur Alam dan aktor Lucky Hakim.

 

Penulis : Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

1 Comment

  1. Koleng Bangkeng 20 Februari 2016 at 5:32 pm

    Bagaimana dengan khabar Rekening Gendut nya Nur Alam ..?

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com