Tampilan Desktop

9 Daerah di Sultra Masuk dalam Gerbong Percepatan Pembangunan Pariwisata Wakatobi
393 Dibaca

Wisata Wakatobi

Wisata Wakatobi

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sembilan daerah di Sulawesi Tenggara (Sultra) masuk dalam gerbong percepatan pembangunan infrastruktur pariwisata Wakatobi. Hal itu untuk menunjang hadirnya Badan Otorita Pariwisata (BOP) dan posisi Wakatobi sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata unggulan Indonesia.

Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Wa Ode Hamsina Bolu mengatakan, 9 daerah yang dimaksud yaitu Kendari, Baubau, Buton, Buton Tengah, Buton Selatan, Konawe bagian pesisir, Konawe Selatan, Kolaka Timur, dan Bombana. Sementara 2 daerah yang juga berpotensi Muna dan Muna Barat tidak masuk karena masalah aksesibilitas.

“Tentu kita menginginkan seluruh daerah di Sultra bisa masuk. Tapi dalam pembahasan tadi, intinya adalah aksesibilitas dimana Wakatobi sebagai pusatnya. Misalnya akses menuju Wakatobi yang melalui Kendari atau Baubau,” kata Hamsina usai mengikuti Rapat Koordinasi Finalisasi Peraturan Presiden tentang BOP Wakatobi, di Hotel Swissbell Kendari, Senin (28/11/2016).

BOP Wakatobi yang ditargetkan selesai  terbentuk tahun 2016 ini tentu bisa memberikan efek yang luas terhadap 9 daerah tersebut. Kata Hamsina, kementrian terkait akan memaksimalkan pembangunan infrastruktur dengan menggelontorkan anggaran miliaran rupiaj untuk konektifitas antar daerah tersebut.

Lanjut Hamsina, jika BOP sukses di Sultra, ke depan tidak menutup kemungkinan Muna dan Muna Barat juga akan masuk dalam gerbong pembangunan infrastruktur pariwisata. Sebab wilayah Muna sebenarnya memiliki potensi wisata yang sangat besar dengan adanya Napabale dan Liangkobori namun akses sepeti banda udara tak berfungsi. (B)

 

Reporter: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com