Tampilan Desktop


Abaikan Hak Konsumen, Developer Bumi Taman Anggrek Bombana Dinilai Tak Miliki Itikad Baik
106 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA – Serikat Buruh Seluruh Indonesia (SBSI) Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara (Sultra) menyoroti PT Harfana Halim Indah (HHI), perusahaan pengembangan jasa perumahan Bumi Taman Anggrek Bombana lantaran lari dari tanggung jawab dan mengabaikan hak user atau konsumennya.

Abaikan Hak Konsumen, Developer Bumi Taman Anggrek Bombana Dinilai Tak Miliki Itikad Baik

Ilustrasi

Koordinator SBSI Sulharjan kepada Zonasultra.com mengatakan, PT HHI telah menyalahi perjanjian jual beli yang sudah disepakati dengan para konsumen sebelumnya.

Menurut Sul sapaan akrabnya, Daeng Makello sebagai Direktur PT HHI seharusnya memperbaiki segala instrument penunjang dan fasilitas perumahan sebelum melakukan transaksi jual-beli. Namun, hal tersebut ternyata tidak dilakukan.

“Seharusnya pihak perusahaan sudah melakukan pemasangan instalasi listrik dan perbaikan akses jalan sebelum diserahkan kepada user saat melakukan transaksi jual-beli, akan tetapi pemasangan instalasi listrik dan perbaikan akses jalan malah ditanggung oleh user,” ungkap Sul, Rabu (10/2/2016).

Padahal, lanjut Sul, anggaran pengadaan fasilitas tersebut telah disediakan Bank BTN sebagai mitra PT HHI. Hal itu mengindikasikan bahwa PT HHI telah lari dari tanggung jawab atas ketersediaan fasilitas dan kenyamanan konsumen serta melanggar UU Konsumen No 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Berdasarkan data yang dihimpun Zonasultra.com, Bank BTN akan mengganti dana para user yang telah telah digunakan untuk memasang instalasi listrik dan perbaikan akses jalan. Masing-masing senilai Rp 4 juta per user dengan syarat telah mendapat rekomendasi tertulis dari PT HHI sebagai pihak pengembang.

Namun, pihak perusahaan tidak memiliki etikat baik untuk melakukan ganti rugi sehingga anggaran tersebut masih berada di Bank BTN.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak PT HHI belum dapat dikonfirmasi.

 

Penulis: Andi Hasman
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

1 Comment

  1. Serikat buruh sejahtera indonesia 2 Maret 2016 at 4:44 pm

    Bukan Serikat Buruh Seluruh Indonesia, Tapi seluruh itu di ganti dgn sejahtera! Tolong d perbaiki admin

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com