Tampilan Desktop


Adiwiyata Mandiri Cambuk Bagi Pemerintah Kota Kendari
67 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pemerintah Kota Kendari Sulawesi Tenggara (Sultra)  memberikan apresiasai kepada Kepala SDN 1 Baruga dan Kepala SMPN 7 Kendari atas prestasi kedua sekolah tersebut merebut piala adiwiayata mandiri tahun 2015 ini.

Walikota Kendari Asrun mengatakan, Pemerintah Kota Kendari sangat bersyukur atas capaian kedua sekolah tersebut dalam meraih adiwiayata mandiri. Dirinya juga mengaku prestasi yang ditorehkan dua sekolah itu merupakan cambuk bagi pihaknya untuk terus menambah jumlah sekolah adiwiyata mandiri di Kota Kendari.

“Kita bersyukur, namun sekaligus cambuk untuk menambah sekolah adiwiyata mandiri agar jumlahnya lebih banyak, bahkan kita punya cita-cita besar seluruh sekolah di Kota Kendari bisa adiwiyata mandiri,” katanya, Minggu (7/6/2015).

Menurut Asrun, adiwiyata mandiri sangat baik untuk mendidik para siswa berperilaku bersih dan ramah lingkungan, sehingga ketika beranjak dewasa budaya ini tertanam dan bisa mengubah perilaku dan pola pikir mereka untuk terus menjaga lingkungan.

Tahun 2015 ini, tambahnya, Pemerintah kota Kendari mengusulkan 3 sekolah, namun hanya dua sekolah yang lolos, sehingga masih butuh kerja keras untuk terus menambah jumlah sekolah berpredikat adiwiyata mandiri. (*)

Hebat, SDN 1 Baruga dan SMPN 7 Kendari Raih Adiwiyata Mandiri

Bertambah lagi jumlah sekolah penerima adiwiyata mandiri di Kota Kendari. Dari 2 sekolah, kini  menjadi 4 sekolah setelah Presiden RI Joko Widodo, Jumat (5/6/2015) lalu menyerahkan piala adiwiyata mandiri kepada SDN 1 Baruga dan SMPN 7 Kendari di Istana Presiden Bogor. 

rusnani blhKepala  Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kota Kendari Rusnani yang mendampingi para kepala sekolah mengatakan, Kota Kendari mengusulkan 3 sekolah untuk verifikasi adiwiyata mandiri, namun hanya SDN 1 Baruga dan SMPN 7 Kendari yang lolos.

“”Alhamdulillah, sekarang sudah 4 sekolah di kota Kendari yang memperoleh predikat adiwiyata mandiri, sebelumnya SD 11 Mandonga dan SMP 17 Kendari, sekarang SD 1 Baruga dan SMP 7 Kendari,” katanya ketika dihubungi Zonasultra.com, Jumat (5/6/2015).

Dikatakan, dua sekolah yang lolos telah adiwiyata mandiri ini masing-masing telah membina sebanyak 13 sekolah dan seluruhnya lolos sebagai sekolah adiwiyata tingkat kota Kendari.

Selain adiwiyata mandiri, Kota Kendari juga masih menunggu pengumuman sekolah penerima adiwiyata nasional, dimana tahun lalu kota Kendari berhasil meloloskan 8 sekolah.

Dalam upacara peringatan hari Lingkungan Hidup sedunia yang digelar pemerintah kota, BLH Kendari menyerahkan piagam pada 39 sekolah yang masuk dalam kategori adiwiyata tingkat Kota Kendari. (*) 

39 Sekolah di Kendari Raih Adiwiyata

Sebanyak 39 sekolah berbagai tingkatan di Kota Kendari menerima piagam adiwiyata mandiri yang diserahkan Wakil WaliKota Kendari Musadar Mapasomba dalam upacara peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Jumat (5/6/2015) bertempat di lapangan upacara kantor wali Kota Kendari. 

Kepala dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Kendari Makmur mengatakan, tahun 2017 mendatang mereka menargetkan seluruh sekolah di Kota Kendari sudah berpredikat sebagai sekolah adiwiyata, baik tingkat kota, nasional maupun adiwiyata mandiri.

makmur dikbudd“Tahun ini Badan Lingkungan Hidup Kota Kendari menyerahkan 39 piagam pada sekolah adiwiyata tingkat Kota Kendari. Di Istana Bogor, SDN 1 Baruga dan SMPN 7 Kendari juga menerima piala adiwiyata mandiri yang diserahkan langsung bapak presiden RI,”” kata Makmur.

Dari 39 sekolah yang sudah berstatus sekolah adiwiyata tingkat kota, sejumlah sekolah yang memiliki nilai diatas 70 akan diusulkan mengikuti verifikasi sekolah adiwiyata tingkat nasional.

Ia berharap tahun 2016 mendatang jumlah sekolah berpredikat adiwiyata mandiri akan terus bertambah, karena tahun 2014 lalu 8 sekolah sudah berpredikat sebagai sekolah adiwiyata nasional. 8 sekolah adiwiyata nasional tersebut, lanjutnya akan diusulkan sebagai sekolah adiwiyata mandiri.

Saat ini sudah lebih dari 50 persen sekolah di Kota Kendari sudah berpredikat sekolah adiwiyata baik tingkat kota, nasional maupun adiwiyata mandiri.

Sekolah yang akan diusulkan sebagai sekolah adiwiyata nasional yakni

1.    SMPN 5 Kendari

2.    SMPN 13 Kendari

3.    SDN 18 Baruga

4.    SD Alkalam 

5.    SDN 1 Poasia

6.    SDN 18 Mandonga 

7.    SD 13 Baruga

8.    SDN 1 Mandonga

9.    SDN 1 Kendari Barat

10.   SDN 9 Kendari Barat

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com