Tampilan Desktop

Ajarkan Siswanya Untuk Pandai Membaca Alquran, MIN 1 Kendari Jadikan BTA Jadi Ekskul Wajib
55 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Dalam rangka menjadikan siswanya agar pandai membaca Alquran, Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kendari menjadikan pembinaan baca tulis Alquran (BTA) sebagai kegiatan ekstrakurikuler (ekskul) wajib.

Kepala MIN 1 Kendari Sitti Juhasni mengatakan, dalam pembinaan BTA ini dibagi dalam dua tingkatan. Tingkatan pertama merupakan pembinaan BTA tingkat dasar dan tingkatan kedua merupakan tingkat lanjutan.

Sitti Juhasni

Sitti Juhasni

“Untuk tingkat dasar itu, mereka kita ajarkan belajar iqro dan tata cara menghafalkan huruf hijaiyah sampai dengan membacanya. Kemudian tingkat dasar ini kita fokuskan untuk siswa kelas satu dan kelas dua,” katanya saat ditemui di ruangannya, Kamis (17/11/2016).

Sementara untuk tingkat lanjutan, Juhasni menjelaskan bahwa, siswa yang berhak berada pada tingkatan ini adalah siswa yang sudah tamat dari tingkat dasar. Pada tingkat lanjutan ini siswa diajarkan untuk membaca Alquran dari juz satu sampai juz selanjutnya.

“Pada tingkat lanjut ini juga ada program yang namanya tahfidz dan tilawah. Tahfidz itu adalah hafalan dan disini yang kita fokuskan adalah juz 30. Sementara tilawah, siswa kita ajarkan tata cara bagaimana mengucapkan huruf yang benar, kemudian dari tingkatan lagunya,” jelasnya.

Juhasni menambahkan, kegiatan ini diadakan dua kali dalam seminggu dan melibatkan empat orang guru. Waktunya pada sore hari yaitu pada hari Rabu dan Sabtu.

“Sejak diintensifkan serta mewajibkan kegiatan BTA untuk siswa, banyak perkembangan yang terjadi pada mereka. Contohnya siswa kami telah banyak menorehkan prestasi baik tingkat kota maupun provinsi. Selain itu, ketika ada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ), alumni dari sekolah kami yang diutus dari sekolahnya, baik untuk tilawah maupun hafalan,” tuturnya.

Juhasni menjelaskan, selain pengembangan BTA sebagai ekskul wajib, MIN 1 Kendari juga menggiatkan gerakan pramuka, seni, dan tari menjadi ekskul wajib.(B)

 

Reporter: Ramadhan Hafid
Editor : Tahir Ose

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com