AJI Indonesia: Facebook Jadi Sarana Tersebarnya Hoax

0
ilustrasi-berita-hoax
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Seiring perkembangan teknologi, hoax atau informasi palsu kini banyak tersebar melalui media sosial, salah satunya facebook.com. Hal itu karena facebook tidak memfilter konten-konten yang diiklankan maupun postingan-postingan.

ilustrasi-berita-hoax
Ilustrasi

Sekretaris AJI Indonesia Arfi Bambani mengatakan hoax tidak dapat disebut berita karena pada dasarnya berita adalah karya jurnalistik dan memiliki nilai berita. Masyarakat yang tidak terdidik dan tak terbiasa sering kali menganggap hoax yang banyak dishare lewat Facebook adalah berita.

Lanjut dia, apa yang ada di Facebook saat ini berbeda dengan google.com yang sudah memilah mana yang news, search, image video. Jadi jika yang diklik adalah news maka yang terbuka adalah website-website yang telah melalui prosedur sebagai pelaku jurnalisme.

“Di facebook kita tidak menemukan alogaritma seperti google. Makanya seperti di Jerman muncul ancaman dari pemerintahnya jika facebook seperti itu terus maka akan didenda karena menyebarkan informasi palsu pada masyarakat,” kata Arfi usai menghadiri Konferensi Kota ke-VIII AJI Kendari di Hotel Athaya, Sabtu (4/2/2017).

Baca Juga : Ini Cara Mengatasi Berita “Hoax” di Dunia Maya

Olehnya masyarakat Indonesia diminta kritis terhadap informasi-infomasi yang didapatkan melalui media sosial. Kata Arfi, salah satu caranya adalah dengan melihat siapa yang menulis atau membuat konten, jika mengatasnamakan pers maka harus sesuai standar pers atau jurnalistik.

Untuk mengetahui media termasuk pers atau bukan bisa dilacak lewat dewan pers atau bisa juga dilihat memiliki box redaksi atau struktur redaksi. Selain itu, perusahaan pers haruslah memiliki badan hukum dan alamat surat menyurat. (A)

 

Reporter : Muhamad Taslim Dalma
Editor : Rustam

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here