Tampilan Desktop



Aksi Gita Laut, KKP Gelar Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Wakatobi
41 Dibaca

Aksi Gita Laut, KKP Gelar Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Wakatobi GITA LAUT – Kampanye Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) yang digagas oleh Ditjen Pengelolaan Ruang Laut, KKP menggelar aksi bersih pantai dan laut di Kampung Bajo, Mola Raya, Kecamatan Wangsel, kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (9/11/2017). (Nova Ely Surya/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Kampanye Gerakan Cinta Laut (Gita Laut) yang digagas oleh Direktorat Jedral (Ditjen) Pengelolaan Ruang Laut, Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) menggelar aksi bersih pantai dan laut di kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra), Kamis (9/11/2017).

Aksi yang terselenggara atas kerjasama Gita Laut dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Wakatobi ini dilakukan dengan membersihkan sampah di Kampung Bajo, Mola Raya, Kecamatan Wangiwangi Selatan (Wangsel). Tujuannya untuk menjaga kelestarian pesisir dan laut Indonesia.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Wakatobi Jalal mengatakan, kampanye ini bertujuan untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pantai dan laut.

“Gerakan bersih pantai dan laut tadi tidak mungkin seketika bersihnya dan seketika besok tidak ada lagi sampah. Itu kan tidak mungkin. Sehingga target jangka panjangnya adalah kampanye dan edukasi kepada masyarakat, itu yang kita dorong,” kata Jalal, Kamis, (9/11/2017).

Aksi Gita Laut, KKP Gelar Gerakan Bersih Pantai dan Laut di Wakatobi Kata dia, kedepan harus ada regulasi yang jelas terkait pengelolaan sampah. Di dalamnya memuat reward dan punismant bagi yang perduli dan tidak perduli terhadap lingkungan.

“Bagi yang punya geliat atau usaha-usaha membersihkan sampah dan tidak membuang sampah apa hadiah yang diberikan. Dan bagi yang tidak taat terhadap itu, apa sanksi yang harus diberikan,” terangnya.

Untuk itu, pihaknya bakal membentuk tim terpadu yang didalamnya bukan hanya DKP saja, tentu akan melibatkan berbagai pihak terkait. Seperti Dinas Kebersihan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) dan beberapa instansi terkait lainnya.

“Harapan kita agar sesegera mungkin kesadaran muncul dan laut bersih, tapi kan tidak sesederhana dan secepat itu. Sehingga kita harus telaten mengedukasi sampai pada semua orang sadar dan laut bersih,”tutupnya.

Untuk diketahui, aksi kampanye Gita Laut di Wakatobi ini melibatkan masing-masing perwakilan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemerintah Daerah (Pemda) dan Komunitas Melihat Alam (Kamelia) Wakatobi, pelajar serta masyarakat yang berjumlah sekitar 100 orang. (D)

 

Reporter : Nova Ely Surya
Editor: Abdul Saban

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free