Tampilan Desktop



Aktivitas Bongkar Muat di Terminal Bungkutoko Mengalami Peningkatan
83 Dibaca

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Setelah efektif beroperasi pada bulan November 2016 lalu, kini peningkatan pelayanan di Pelabuhan Kendari khususnya terminal Bungkutoko mengalami peningkatakan yang signifikan.

General Manager (GM) PT. Pelindo IV Cabang Kendari Suparman mengatakan peningkatan signifikan tersebut yakni kegiatan general cargo mencapai 100 persen dibanding periode yang sama Januari 2016 lalu.

ilustrasi petikemas

Ilustrasi

General Cargo sendiri merupakan barang-barang kiriman yang biasa, sehingga tidak perlu memerlukan penanganan secara khusus, namun tetap harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan dan aspek safety. Misalnya barang-barang keperluan rumah tangga, peralatan kantor, peralatan olahraga, pakaian (garmen, tekstil) dan lain-lain.

“Selain itu sejak beroperasi juga, terminal tersebut sudah melayani kapal petikemas dan kapal perintis,” ungkap Suparman saat dikonfirmasi melalui sambungan WhatsApp, Kamis (26/1/2017).

Kemudian, selain peralatan pada general cargo. Beberapa waktu lalu sudah ada dua kapal asing asal Korea yang melakukan aktivitas bongkar muat di terminal Bungkutoko dengan membawa barang dari Tiongkok, China berupa besi, bahan peralatan untuk pembangunan pabrik atau pemurnian nikel, peralatan PLTU dan peralatan untuk keperluan smelter.

Ditambahkan Suparman dengan beroperasinya terminal tersebut, maka menjadi pilihan alternatif bagi pengusaha baik itu pengusaha pelayaaran maupun barang untuk kegiatan bongkar muat yang lebih respentatif.

Dimana diketahui bahwa alur pelayaran dan kedalaman sisi dermaga terminal nusantara tidak memungkinkan untuk dimasuki dan disandari oleh kapal dg panjang diatas 100 meter. Kemudian dengan adanya terminal Bungkutoko maka kapal yang berukurang pajang diatas 100 meter dapat diakomodir, sehingga tidak perlu lagi melakukan bingkar muat di tengah laut (ship to ship) serta dapat menghemat biaya.

“Tapi untuk sekarang semua terminal masih berjalan dengan baik, Nusantara, pangakalan perahu maupun bungkutoko,” terangnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan terus mengoptimalkan semua terminal yang ada, sehingga waktu tunggu kapal dapat diperkecil. Otomatis dengan begitu kinerja pelabuhan dapat lebih baik dengan memperlancar/mempercepat distribusi barang sampai kepada user. Dengan harapan Kota Kendari lebih maju dan secara umum Sultra melalui pelabuhan Kendari sebagai pintu gerbang ekonomi. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free