Tampilan Desktop


Alasan Hukum, PJ Bupati Buteng Belum Dapat Diberhentikan
97 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Pasca Pelaksana Jabatan (PJ) Bupati Buton Tengah (Buteng), Mansur Amila ditunjuk sebagai Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Amanat Nasional (PAN) Buteng beberapa waktu lalu di Bau-bau, surat pengunduran dirinya sampai saat ini belum diterima oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra).

Laode Ali Akbar

Laode Ali Akbar

Kepala Biro Pemerintahan Setda Sultra, Laode Ali Akbar mengungkapkan, pihaknya hingga detik ini belum menerima laporan terkait pengunduran PJ Bupati Buteng, padahal dirinya mengakui bahwa sudah beberapa kali memberikan peringatan dan surat kepada Mansur Amila. Bahkan laporan terkait masalah ini juga sudah sampai di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Akan tetapi kami belum bisa berbuat apa-apa karena sampai saat ini informasi beliau sebagai pengurus Partai hanya masih kabar dan katanya orang, jangan sampai kami menuntut akan menimbulkan masalah. Apalagi ini terkait Hukum yang benar saja bisa jadi salah,” ungkap Ali Akbar saat ditemui di ruang rapat Gubernur, Selasa (26/7/2016).

Selain itu, alasan lain pihaknya juga belum bisa melakukan pengusulan pemberhentian Mansur Amila ke Kemendagri sebagai PJ Bupati Buteng sebab nanti ada surat pengunduran dirinya sebagai PNS, barulah pemprov Sultra dapat mengusul pemberhentian Mansur Amila karena hal tersebut akan berlaku secara otomatis. Bahkan Surat Keputusan kepengurusan dirinya sebagai ketua DPD PAN Buteng belum juga diterima oleh pemprov Sultra.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) nomor 37 tahun 2004 Pegawai Negeri Sipil dilarang sebagai pengurus partai, jika PNS dinyatakan sebagai pengurus partai maka wajib dirinya untuk memasukkan surat pengunduran diri sebagai PNS. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor      : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com