Tampilan Desktop



Anak-anak Hirup Lem Fox di Kendari Makin Marak Pemkot Salahkan Orang Tua
72 Dibaca

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Perempuan (KB dan PP), Ganiev mengatakan untuk menangani maraknya trend hirup  lem pihaknya telah melakukan berbagai langkah penanganan. Salah sa

Kepala Badan Keluarga Berencana dan Perlindungan Perempuan (KB dan PP), Ganiev mengatakan untuk menangani maraknya trend hirup  lem pihaknya telah melakukan berbagai langkah penanganan. Salah satunya dengan bekerja sama dengan pihak Badan Narkotika Nasional (BNN), Kementrian Agama dan Dinas Pendidikan. 
“Selain itu kami juga selalu turun untuk melakukan sosialisasi kepada anak-anak, tetapi itu saja tidak cukup untuk mengatasinya,” kata Ganiev saat ditemui, Jumat (13/3/2015).
Hal ini terjadi menurut Ganiev tidak lepas dari tanggung jawab orang tua atau keluarga sebagai orang yang paling dekat dengan anak-anak ataupun remaja yang telah terjerumus dengan tred berbahaya ini. Sepanjang orang tua terus memberikan perhatian dan mengawasi pergaulan anak-anaknya, maka menurutnya anak-anak akan terhindarkan dari kebiasaan buruk seperti menghirup lem fox tersebut. 
“Orang tua harus bertanggung jawab untuk betul-betul memberikan perlindungan kepada anak-anaknya, kalau sudah waktu jam pulang sekolah misalnya, terus anaknya belum pulang-pulang juga maka orang tua harus mencari jangan sampai  anak-anak itu ikut dengan pergaulan yang salah,” ujarnya. 
Selain itu peran guru-guru di sekolah, juga harus lebih aktif melakukan pembinaan agar anak-anak tidak mudah untuk terpengaruh dengan hal-hal atau kebiasaan buruk.
Dari pantauan wartawan Zonasultra.com, kebiasaan anak-anak di Kota Kendari menhirup lem fox tidak dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Paling sering ditemukan di sejumlah tempat umum sepertilampu merah dan parkiran mall atau tokoh.Baru-baru ini Polsek Mandonga Kota Kendari menjaring delapan anak-anak yang kedapatan menghirup lem. 
Trend menghirup lem fox ini tidak diketahui dari mana asalnya namun tiba-tiba saja marak terjadi di sejumlah kota dan dilakukan mulai dari kalangan dewasa hingga anak-anak, untuk merasakan mabuk seperti mengkonsumsi minuman keras ataupun obat-obatan terlarang. Sejumlah pakar kesehatan telah menjelaskan bahwa kebiasaan menghisap lem fox akan menyebabkan terjadinya gangguan otak dan kesehatan tubuh lainnya.  (**Randi)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com