Tampilan Desktop



Anda Bau Mulut Saat Berpuasa? Hindari Dengan Lakukan Hal Ini
271 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Saat menjalani ibadah puasa, seringkali orang mengalami yang namanya bau mulut. Walaupun bau mulut orang yang berpuasa diibaratkan wangi minyak bunga katsuri. Tetapi, tetap saja bau yang dihasilkan mulut selama berpuasa membuat Anda merasa tidak nyaman.

 drg. Dian Fatmawati

drg. Dian Fatmawati

Nah, untuk menghindari bau mulut tersebut sebaiknya lakukan cara-cara ini agar bau mulut anda tidak mengganggu aktivitas saat berkomunikasi dengan orang lain ungkap, drg. Dian Fatmawati, aroma yang tidak lazim ditemui pada orang yang berpuasa, dihasilkan oleh rongga mulut yang tidak terjaga kebersihannya. Sementara, kekurangan air liur akan lebih memperparah bau mulut. Sebab, air liur yang sedikit tidak dapat membersihkan sisa makanan yang terdapat di permukaan gigi.

“Yang pada akhirnya, sisa makan tersebut menjadi plak dan menumpuk di gigi, sehingga mengakibatkan bau mulut,” terang dia diruang kerjanya, Selasa (30/5/2017).

Saat ditemui di Klinik Dian Dental Care Jalan Saosao Kendari, drg. Dian memberikan beberapa solusi untuk mengatasi bau mulut adalah yang paling utama membersihkan karang gigi dan merawat gigi yang berlubang ke dokter gigi. Selanjutnya, menghindari makanan yang menimbulkan wangi tak sedap saat makan sahur maupun saat berbuka puasa.

“Makanan yang harus dihindari seperti pete, durian, dan makanan yang berbau lainnya,” jelas dia.

Tidak mengonsumsi jenis makanan tersebut, tapi masih bau mulut? Kata Dian, solusi lainnya yaitu membersihkan gigi dengan baik dan benar untuk menghindari bau mulut selama berpuasa. Dengan melakukan sikat gigi dua kali sehari setelah buka dan setelah sahur. Lebih baik lagi, jika menyikat gigi sebelum tidur.

Dia menyarankan agar menyikat gigi hingga bagian terdalam rongga mulut. Usai menyikat gigi, untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak terjangkau sikat, ada baiknya menggunakan benang gigi (dental floss). Kemudian, menggunakan obat kumur yang dianjurkan dapat dipakai sehari-hari seperti betadine kumur. Selain itu, memenuhi kebutuhan air mineral yang diperlukan tubuh yaitu 30 cc dikalikan berat badan tubuh.

“Dan tentu saja banyak mengonsumsi buah dan sayuran yang mengandung vitamin C,” terang dia.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda bisa menghindari keluhan dalam rongga mulut yaitu sariawan, mulut kering, bibir pecah-pecah, radang tenggorokan dan lainnya yang menimbulkan bakteri nakal dalam rongga mulut. Sehingga, selama menjalani ibadah puasa Anda tidak mengalami gangguan bau mulut. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Tahir Ose

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free