Tampilan Desktop



Andalkan Program Grebek, BLH Kolut Optimis Kembali Raih Adipura Buana
55 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LASUSUA – Pemerintah Daerah Kolaka Utara (Kolut) optimis pada tahun 2017 akan kembali meraih penghargaan piala Adipura Buana yang ke-4. Dengan mengandalkan program Gerakan Kota Bersih (Gerebek), Dinas Lingkungan Hidup Konut optimis mampu mengelolah kebersihan lingkungan.

Kepala BLH Kolut Syamsul Rijal

Kepala BLH Kolut, Syamsul Rijal

Program Grebek ini sebagai upaya untuk mewujudkan Kolaka Utara bebas sampah. Seluruh masyarakat dilibatkan untuk melakukan aksi bersih.

“Kami ingin menyukseskan program tahun 2017 yang bebas sampah, gerakan ini merupakan salah satu tindakan yang dilakukan untuk bisa meraih adipura 2017,” ujar Kepala BLH Kolut Syamsul Rijal yang ditemui, Jumat (6/1/2016).

Syamsu Rijal menambahkan, meskipun tahun 2017 anggaran untuk dinas jebersihan minim, namun pihaknya tetap optimis akan kembali meraih Piala Adipura.

“Anggara kita hanya Rp.5 miliar untuk semua item kegiatan yang ada di finas lingkungan hidup. Tidak seperti tahun 2016 yanganggaranya mencapai Rp.10 miliar,” katanya.

Meski demikian, lanjut dia, tidak akan menghambat semua item program yang ada di dinas yang dipimpinnya, terutama program untuk mendapatkan penghargaan Piala Adipura yang ke-4.

“Kita berharap akan ada penambahan anggaran untuk kami. Namun kalaupun tidak ada, program tidak akan berpengaruh atas apa yang saat dilakukan,” ujarnya.

Lebih lanjut Syamsul menjelaskan, tim penilai dari kementrian sudah turun melakukan penilaian dan hasilnya belum diketahui. Tim akan kembali turun melakuakan penilaian pada bulan April dan Juni sebagai penilaian final.

“Tim telah melakuan penilaan di tempat pembuangan Akhir (TPA), hutan kota, pasar Lacaria dan pelabuahan Katoi,” katanya.

Dengan bantaun semua satuan perangkat daerah (SKPD) dan masyarakat untuk bersama menjaga lingkungan tetap bersih, ia optimis piala Adipura akan kembali berlabu di bumi patampanua.

Syamsul mengatakan, memasuki diusia yang ke-13 tahun, Kolaka Utara akan lebih maju dan berkembang lagi, tingkat kesejateraan masyarakat terus baik dan meningkat dan akan kembali mengukir banyak prestasi kemajuan daerah. (B)

 

Reporter : Rusman Edogawa
Editor : Rustam

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free