Tampilan Desktop


Anggaran Pilkada Butur Direvisi, Pemda Gandeng BPKP
24 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Daerah (Pemda) Buton Utara (Butur) Sulawesi Tenggara melakukan verifikasi ulang terkait besaran anggaran untuk kebutuhan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada). Hal itu demi efektifitasnya penggunaan anggaran daerah. Dana yang akan direvisi itu berada di Komisi Pemilihan Umum (KPU) maupun Panitia Pengawas (Panwas) Butur.

“Sudah ada hasil verifikasi sementara. Intinya Pemda Butur duduk bersama dengan pihak penyelenggara yaitu KPU dan Panwas yang didampingi oleh BPKP Sultra untuk menverifikasi biaya pilkada ,” kata Pelaksana jabatan (Pj) Bupati Butur Saemu Alwi ketika dikonfirmasi di kantornya, Kamis (6/8/2015).

Ada beberapa item, lanjut dia yang perlu ditinjau ulang selama empat hari. Meskipun demikian, bukan berarti tidak ada pembiayaan tahapan yang sudah berjalan. “Semuanya tahapan tetap berjalan, sambil dilakukan verifikasi anggaran untuk semua anggaran Pilkada dengan beberapa item. Ini dilakukan untuk berkualitasnya Pilkada Butur yang demokratis, sehingga ke depannya tidak ada persoalan yang muncul,” singkatnya tanpa menyebutkan item-item yang dimaksud.

Sementara itu, Pelaksana Sementara (Plt) Sekretaris Daerah (Sekda) Butur  H. Hado Hasina mengungkapkan, pihaknya telah membentuk tim verifikasi yang melibatkan pihak yang berkompoten yaitu Inspektorat Provinsi Sultra, Inspektorat Butur, yang didampingi oleh BPKP Sultra. Tim itu dibentuk untuk mengkaji dan melihat kembali apakah dengan jumlah anggaran yang sudah ditetapkan sangat berlebihan atau justru sebaliknya.

“Kalau ternyata terlalu besar berarti akan ada pengurangan untuk efektivitas anggaran, dan kalau memang faktanya masih kurang berarti harus ditambah,” ungkap H. Hado Hasina di temui di ruang kerjanya.

Dia menjelaskan, peninjauan kembali jumlah anggaran itu, berdasarkan rujukan dari daerah lain yang jumlah penduduknya lebih besar dari Butur, akan tetapi anggaran Pilkada lebih kecil dibanding anggaran Pilkada Butur.

“Makanya ini yang harus diperhitungkan dengan matang dengan meninjau kembali anggaran Pilkada ini,” imbuhnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com