Tampilan Desktop


Angin Kencang Terbangkan Atap Lippo Plaza, Pohon Tumbang Tutup Ruas Jalan
1901 Dibaca

Angin Kencang, Kapal Pelni Batal Sandar, Dinding Bangunan Lippo Plaza Baubau Roboh

POHON TUMBANG : Salah satu ruas jalan tertutup pohon yang tumbang akibat diterjang angin kenjang yang melanda kota Baubau, Selasa (26/1/2016) siang. Angin kencang juga mengakibatkan atap pusat perbelanjaan Lippo Plaza ambruk dan kapal pelni tak bisa sandar di pelabuhan. MULYADI/ZONASULTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Cuaca ekstrim kembali melanda Kota Baubau. Angin kencang yang terjadi Selasa (26/1/2016) sekitar pukul 13.00 Wita mengakibatkan beberapa pohon tumbang, Kapal Very dan kapal Pelni batal sandar di pelabuhan akibat sapuan angin. Tak luput pula, atap pusat perbelanjaan Lippo juga roboh.

Angin kencang yang tiba-tiba saja datang dari arah barat sekitar pukul 13.00 sempat membuat panik masyarakat Kota Baubau. Awalnya awak Zonasultra yang berada di gedung DPRD Kota Baubau yang berada diketinggian, membuat panik beberapa staf DPRD kota Baubau akibat ranting besar yang ada halaman kantor itu patah.

Dari ketinggian terlihat angin di laut juga tidak kalah kencangnya, yang membuat kapal yang hendak berlabuh di pelabuhan Very dan pelabuhan Murhum juga harus ekstra memindahkan kapalnya akibat angin dan ombak yang begitu besar.

Kapal Very Tolandona menuju Baubau, saat terjadi angin kencang, tepat berada di tengah laut harus pasrah den membiarkan kapal mereka terbawa angin dan ombak hingga ke pelabuhan Lakologou.

Kepala ASDP Yalionto membenarkan kapal Very yang seharusnya sandar di pebuhan harus terombang ambing di tengah laut sekitar 30 menit. Sementara Kapal Pelni KM Lambelu juga harus batal sandar sehingga harus membiarkan kapal berada di tengah laut.

“Ombak dan anging terlalu kencang, makanya kapal-kapal tidak ada yang berani sandar di pelabuhan,” kata Yalionto.

Angin Kencang, Kapal Pelni Batal Sandar, Dinding Bangunan Lippo Plaza Baubau Roboh

Tampak angin kencang berputar di tengah lautan yang membuat sejumlah kapal tak bisa sandar di pelabuhan.

Amatan awak Zonasultra.com di pelabuhan very Kota Baubau, ABK Kapal kayu nyaris tenggelam karena kerasnya ombak yang ada di tengah laut. Pihak Pol Air harus menerjungkan satu unit kapal cepat untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

Selain itu, pohon besar yang ada di depan hotel Ratu Rajawali tumbang dan merobohkan pangkalan ojek dan menutup ruas jalan Anoa Kelurahan Kadolomoko, sehingga arus lalu lintas dialihkan ke jalan Pahlawan. Akibat angin kencang ini pula membuat dinding bagian atas pusat perbelanjaan Moderen Lippo roboh.

Untuk mencegah hal yang tidak diinginkan, pihak manajemen Lippo mengevakuasi seluruh karyawan dan pengunjung keluar dari gedung bangunan. Ketika awak media mencoba meminta keterangan pihak managemen Lippo, enggan memberikan keterangan terkait robohnya dinding atas bagunan Lippo dan berapa kerugian yang diderita insiden tersebut.

 

Penulis : Mulyadi
Editor  : Rustam

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

2 Comments

  1. ammar mukmin 26 Januari 2016 at 11:54 pm

    Yah, biasalah. Setiap thun kan bgtu.. -_-. Tpi untung tdk ada korban. Alhamdulillah..

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com