Tampilan Desktop


Angka Kemiskinan di Buton Menurun, Tapi IPM Meningkat
93 Dibaca

ZONASULTRA.COM,PASARWAJO– Hasil data statistik Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Buton menunjukkan angka kemiskinan di Kabupaten Buton menurun dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) meningkat.

Kepala Statistik Buton Burhanuddin menggatakan, angka kemiskinan di daerah itu menunjukkan penurunan dari tahun ketahun. Dari data 2013 angka kemiskinan sebesar 15,25 persen dan pada tahun 2014 sebesar turun 14,31 persen atau berada pada urutan ke 6 di antara 12 kabupaten/kota di Sultra.

 Angka Kemiskinan di Buton Menurun, Tapi IPM Meningkat

Ilustrasi

Angka ini sempat mengalami kenaikan saat produksi tambang di Buton mengalami penurunan. Namun saat ini Buton berada pada urutan keenam setelah Bombana, Konawe Selatan, Konawe Utara, Baubau dan Kota Kendari.

“Indeks Pembangunan Manusia di Buton juga mengalami peningkatan, namun di Sultra menempati urutan ke 12 dari 17 kabupaten/kota kita di Sultra,” ujarnya.

Burhanuddin menjelaskan, kebanyakan para pegawai Pemda Buton yang bekerja di daerah itu namun tinggalnya di luar Buton, sehingga saat pendataannya masuk di wilayah lain bukan Buton.

Meskipun berada pada urutan ke 12, IPM Buton terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dari data yang ada, tahun 2013 Buton berada pada posisi 67,55 persen, dan pada 2014 naik menjadi 68,07 persen. IPM Buton masih leibih baik jika dibandingkan dengan beberapa daerah lainnya seperti Kolaka Timur, Muna Barat, Buteng dan Busel.

Burhanuddin berharap, nantinya pendataan yang akan dilakukan terus menunjukkan kemajuan. Karena itu masyarakat harus jujur dalam memberikan datanya kepada petugas statistik yang saat ini sedang melakukan pendataan.

“Kadang kala masyarakat tidak jujur, apalagi kalau datanya berkaitan dengan pemberian bantuan, sehingga kita kesulitan,” ujarnya.

 

Penulis : Nanang
Editor   : Rustam

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com