Tampilan Desktop

Antam Gelar Workshop Pengembangan Kemasan Produk UKM
39 Dibaca

Workshsop pengembangan kemasan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) itu dilaksanakan di pondok Huko-huko, kompleks Antam Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sultra mulai hari Rabu (8/11/2016) hingga hari Kamis (9/11/2016) yang bekerjasama dengan D&D Indonesia, sebuah perusahaan konsultan kemasan produk UKM.

Workshsop pengembangan kemasan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) itu dilaksanakan di pondok Huko-huko, kompleks Antam Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sultra mulai hari Rabu (8/11/2016) hingga hari Kamis (9/11/2016) yang bekerjasama dengan D&D Indonesia, sebuah perusahaan konsultan kemasan produk UKM. (Foto : Abdul Saban/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – PT Aneka Tambang (Antam) Unit Bisnis Pertambagnan Nikel (UBPN) Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menyalurkan dana Community Responsibility (CSR) miliknya melalui pelatihan pengembangan kemasan bagi pengusaha kecil dan menengah yang menjadi mitra Antam di Kolaka.

Pelatihan yang digelar melalui workshsop pengembangan kemasan produk Usaha Kecil Menengah (UKM) itu dilaksanakan di pondok Huko-huko, kompleks Antam Pomalaa, Kabupaten Kolaka, Sultra mulai hari Rabu (8/11/2016) hingga hari Kamis (9/11/2016) yang bekerjasama dengan D&D Indonesia, sebuah perusahaan konsultan kemasan produk UKM.

Pelaksanan Harian Vice President Human Capital and CSR Antam UBPN Sultra, Aji Priyo menjelaskan,  salah satu kendala yang dihadapi UMKM dalam memasarkan produknya adalah kemasan yang menarik.

“Hal ini seringkali kurang disadari oleh sebagian besar pelaku UKM kita, umumnya mereka tidak sadar atau kurang memahami bahwa kemasan yang baik dan menarik akan mendatangkan nilai lebih pada produk yang dijual” kata Aji dalam sambutannya di workshop itu, Kamis (9/11/2016).

Menurutnya, saat ini produk-produk olahan yang dihasilkan pelaku usaha kecil menengah masih banyak yang belum memerhatikan kemasan produknya. Akibatnya sejumlah produk yang sebenarnya memiliki nilai jual tinggi/bermutu menjadi tidak laku dipasaran.

Dia juga menilai, kendala lain yang dihadi para pelaku usaha kecil dan menengah itu adalah tidak mengetahui harus kemana jika ingin membuat kemasan yang menarik dan menjual, dan tidak adanya unit usaha yang melayani pembelian kemasan dalam partai kecil.

“Selain itu sangat sulit meyakinkan pelaku UKM bahwa kemasan yang baik dan kreatif bisa meningkatkan keuntungan”, ujarnya.

Sementara itu, Manager CSR Antam UBPN Sultra, Muhammad Rusdan mengatakan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan itu adalah untuk meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kemasan untuk meningkatkan nilai tambah produk dan dapat diterapkan langsung oleh para pelaku usaha.

“Program ini juga sejalan dengan master plan CSR Antam yaitu memberikan nilai tambah bagi masyarakat dan peningkatan pembangunan ekonomi, sosial dan lingkungan yang berkelanjutan” kata Rusdan.

Di tempat yang sama, External Relation Manager Antam UBPN Sultra, Pamiluddin Abdullah berharap agar pelatihan itu dapat menciptakan kualitas dan kualifikasi pengusaha kecil yang berberdaya saing dan menjadi tulang punggung perekonomian keluarganya dan masyarakat.

Suparmin, salah seorang peserta pelatihan itu mengatakan, kegiatan ini sangat positif dan membantu mereka para pelaku UKM untuk bisa menciptakan satu produk usaha yang memiliki kemasan menarik dan dapat diterima pasar.

“Harapannya kedepan, kegiatan serupa terus dilaksanakan untuk menciptakan pelaku UKM yang profesional,” kata Suparmin.(B)

 

Reporter :  Abdul Saban
Editor   : Tahir Ose

JN ZonaSultra

View all contributions by JN ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com