Tampilan Desktop

Antam Sultra Salurkan Rp 1,7 Miliar Bantu UMKM di Kolaka
89 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Badan usaha milik negara (BUMN) kian gencar membantu usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk berkembang. Mereka membantu UKM melalui program kemitraan dan bina lingkungan (PKBL). Seperti PT Antam (Persero) Tbk UBP Nikel Sulawesi Tenggara (Sultra) yang pada triwulan I tahun 2015 ini menyalurkan dana PKBL senilai  Rp 1,7 miliar kepada 64 UMKM di Kabupaten Kolaka.

Dadang Hadi Praptomo

Dadang Hadi Praptomo

General Manager UBP Nikel Sultra Dadang Hadi Praptomo mengatakan, dana yang diberikan tersebut merupakan bantuan bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha mikronya. Pemberian bantuan ini diharapkan bisa memberikan manfaat untuk pengembangan UMKM di daerah tersebut sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Antam, lanjut Dadang sangat serius memperhatikan perkembangan UMKM di Kolaka. Karena itu, ia berharap setiap UMKM yang menjadi mitra binaan agar mengembalikan pinjaman dana sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan sehingga UMKM lainnya juga bisa mendapatkan bantuan permodalan.
“
Ada batas waktu yang diberikan kepada mitra binaan untuk pengembalian modal usaha, yaitu 3 tahun atau 36 bulan,” katanya dalam berita rilis kepada Zonasultra.com, Rabu (10/6/2015).

Sementara itu, External Relation Manager UBP Nikel Sultra Muhammad Rusdan membeberkan, pelaku UMKM yang ingin mendapatkan bantuan permodalan dari Antam harus memenuhi beberapa persyaratan, salah satunya sertifikat tanah sebagai jaminan untuk mendapatkan modal usaha.
“
Antam memberikan bantuan modal kepada UMKM dengan fasilitas kredit bunga sebesar 6 % per tahun dan harus dikembalikan selama 3 tahun,” kata Rusdan

Selain itu, masyarakat yang medapat bantuan modal juga diberikan identitas mitra binaan, buku rekening dan surat perjanjian dari Antam.
“
Olehnya kami minta kerjasama dengan masyarakat yang mendapat permodalan agar kiranya dapat mengembalikan modal usaha tepat waktu, karena pastinya kita akan diaudit nantinya. Pengembalian pinjaman modal usaha, merupakan bahan pertimbangan perusahaan selanjutnya pada saat pengusulan,” ungkapnya.

Penyaluran bantuan permodalan ini dilaksanakan di Pondok Kumoro Pomalaa pada Rabu (3/6/2015) lalu dan dihadiri General Manager UBP Nikel Sultra Dadang Hadi Praptomo, Vice President HR and CSR Hakim Nurmampa, dan CSR Manager Pamiluddin Abdullah. (Jumriati)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com